Hukum Islam dan Kontribusi Umat Islam Indonesia

Hukum Islam Dan Kontribusi Umat Islam Indonesia-ppt Download

  • Date:13 Sep 2020
  • Views:39
  • Downloads:0
  • Size:393.00 KB

Share Presentation : Hukum Islam Dan Kontribusi Umat Islam Indonesia

Download and Preview : Hukum Islam Dan Kontribusi Umat Islam Indonesia

Report CopyRight/DMCA Form For : Hukum Islam Dan Kontribusi Umat Islam Indonesia


Transcription:

SATUAN ACARA PERKULIAHANMata Kuliah Pendidikan Agama IslamSemester Satu 1 PJMK Abdul Hakim M E I Waktu Pertemuan 2 x 50 menit.
Pertemuan VII Ketujuh A Pokok Bahasan Hukum Islam dan KontribusiUmat IslamB Sub Pokok bahasan 1 Sumber Hukum Islam2 Fungsi Hukum Islam.
3 Kontribusi Umat Islam dalamPerumusan Sistem HukumC Metode Ceramah diskusi penugasan E Kegiatan Belajar MengajarTahap Kegiatan Mengajar Kegiatan Media.
Kegiatan MahasiswaPendahulua Memberikan pengarahan terhadap Mempersiapkan Papann pembahasan materi yang akan didiskusikan kelompok yang tulis 10 menit dan meminta hasil dari penugasan terdahulu akan maju OHP jika ada untuk diskusi atau.
Penyajian 1 Kelompok diskusi maju presentasi Mendengarkan 60 menit 2 Melaksanakan presentasi menanggapi 3 Memberikan kesempatan pada peserta tanya jawabdiskusi untuk menaggapi dan bertanya4 Kelompok diskusi menjawab pertanyaan.
yang munculPenutup 1 Dosen memberikan pencerahan terhadap 30 menit materi dan pertanyaan yang berkembangdalam diskusi2 Memberikan rangkuman dan kesimpulan.
terhadap materi yang telah didiskusikan3 Memberikan tugas tugas yang relevan Hukum Islam dan Kontribusi UmatIslam IndonesiaI Tujuan Intruksional Umum.
Memahami tentang Hukum Islam Kontribusi Umat IslamII Tujuan Intruksional Khusus1 Menjelaskan tentang sumber hukum Islam2 Menjelaskan tentang fungsi hukum islam dalamkehidupan masyarakat .
3 Menjelaskan tentang kontribusi umat Islam dalamperumusan Hukum NasionalIII KompetensiDapat menjelaskan tentang sumber sumber hukum Islamdan kontribusi umat Islam dalam perumusan sistem Hukum.
Sumber Hukum Islam Menurut Al Qur an Surat An Nisa ayat 59 Setiap mukmin itu wajib mentaati Allah Rasulullah dan Ulil Amri yang sesuai denganAllah dan Rasul Nya .
Dengan demikian sumber Hukum Islam itusecara garis besar ada 3 macam yaitu 1 Dari Allah Al Qur an2 Dari Rasulullah Al Sunnah Al Hadits3 Dari Ulil Amri Al Ijtihad termaktub.
dalam kitab kitab fiqih Al Qur an Yaitu kalam Allah yang merupakanmu jizat yang diwahyukan kepada NabiMuhammad melalui Malaikat Jibril yangselanjutnya ditulis dalam mushaf dan.
diriwayatkan secara mutawatir sertamembacanya adalah ibadah Al Qur an memiliki nama yang lain yaitu Al Kitab buku catatan Al Furqan pembeda Al Dzikru peringatan .
Al Qur an merupakan sumber hukum Islam yangpertama dan utama menjadi rujukan pertama dan yang lain tidak boleh bertentangandengannya Al Hadits Sunnah Yaitu segala ucapan perbuatan .
ketetapan persetujuan Nabi Muhammad SAW meliputi qauly fi ly dan taqriry nabi Atau carahidup kebiasaan Nabi Muhammad SAW yangdiikuti oleh para sahabatnya Al Hadits merupakan sumber hukum Islam yang.
kedua dan memiliki fungsi untuk Memperkuatdan menetapkan hukum hukum yang telahditentukan oleh Al Qur an bayan taqrir Memberikan penafsiran pada ayat ayat yang masihmujmal bayan tafsir tafshil Menetapkan hukum.
baru yang tidak termuat dalam Al Qur an Al Ijtihad Yaitu berusaha dengan keras untukmenetapkan hukum suatu persoalan yang tidakditegaskan secara langsung oleh Al Qur an danatau Hadits dengan cara istinbath menggali.
kesesuaiannya pada Al Qur an dan ataupunHadits oleh ulama ulama yang ahli setelahwafatnya Rasulullah Bentuk bentuk prosedur ijtihad antara lain Al Ijma konsensus Al Qiyas komparasi Al .
Istishlah proyeksi Hasil ijtihad merupakan pelengkap ataupengembangan dari Al Qur an dan Al Hadits Fungsi atau Tujuan Hukum IslamDalam Kehidupan Masyarakat.
Dari segi pembuat hukum Allah dan rasul Nya hukum Islam bertujuan untuk memenuhikebutuhan primer skunder dan tersier darimanusia untuk ditaati serta untuk dijalankandengan benar oleh manusia .
Dari segi manusianya sendiri hukum Islamadalah berfungsi untuk mencapai kehidupanyang selamat dan bahagia dunia dan akhirat Peranan hukum Islam dalam kehidupanmasyarakat antara lain .
Fungsi ibadah patuh hukum berarti ibadah Fungsi Amar ma ruf Nahi Munkar sbg sarana Fungsi Zawajir sarana pemaksa Fungsi Tandzim Wa Islah al Ummah Abu Ishaq Al Shatibi merumuskan ada lima.
tujuan dari hukum Islam yaitu 1 Untuk memelihara agama murtad dibunuh 2 Untuk memelihara jiwa adanya qishash 3 Untuk memelihara akal dilarang mabuk 4 untuk memelihara keturunan harus merawat.
5 Untuk memelihara harta dilarang mencuri merampas dll Kelima tujuan tersebut selanjutnya terkenaldengan istilah Al Maqashid al Khamsah atau Al maqashid al Syari ah.
Kontribusi Umat Islam Dalam PerumusanSistem Hukum Nasional Telah menjadi bagian dari kehidupan bangsa Indonesiayang memang mayoritas sejak awal kemerdekaannya Antara lain dipelopori oleh Hazairin Hasbi Ash Shiddiqy .
Syafruddin Prawiranegra dll Akhir akhir ini kontribusinya semakin signifikan dengandirativikasinya beberapa peraturan perundang undanganyang berkaitan dengan hukum Islam antara lain UU No 1tahun 1974 tentang Perkawinan PP No 28 Tahun 1977.
Tentang Perwakafan Tanah Milik UU No 7 Tahun 1989Tentang Peradilan Agama Inpres No 1 Tahun 1991Tentang Kompilasi Hukum Islam UU No 10 Tahun 1998Tentang Perbankan yang menampung Bank Syari ah UUNo 38 Tahun 1999 Tentang Pengelolaan Zakat dll .
Untuk menegakkan hukum Islam dalam praktekberbangsa dan bernegara harus terus dilakukanmelalui proses kultural dan formal melaluidakwah yang bijaksana dan harus diimbangidengan peningkatan kualitas SDM umat Islam itu.
Secara substansial upaya penegakan hukumIslam di Indonesia cukup intensif terbuktidengan maraknya aktivitas keIslaman dalamberbagai aspeknya dakwah pendidikan budaya penelitian lembaga perekonomian dll .
Sumber Hukum Islam Menurut Al-Qur’an Surat An-Nisa’ ayat 59, Setiap mukmin itu wajib mentaati Allah, Rasulullah, dan Ulil Amri (yang sesuai dengan Allah dan Rasul-Nya). Dengan demikian sumber Hukum Islam itu secara garis besar ada 3 macam, yaitu: 1. Dari Allah Al-Qur’an 2. Dari Rasulullah Al-Sunnah / Al-Hadits 3.

Related Presentations

Memburu Islam Politik Menghadang Kebangkitan Umat

Terus berupaya membangun kesadaran politik Islam di tengah-tengah masyarakat. Bagaimana Mungkin Berwacana Bisa Menegakkan Khilafah? Sehingga ketika mereka memiliki kesadaran maka pengaruh dan kekuatannya itu digunakan untuk perubahan ke arah Islam.

8 Views0 Downloads

DINAR EMAS MATAWANG UMAT ISLAM

Salmy Edawati Yaacob Jabatan Syariah Fakulti Pengajian Islam Universiti Kebangsaan Malaysia

7 Views0 Downloads

JIHAD RADIKALISME UMAT BERAGAMA DAN MUSLIM MOFERAT

A.PENGERTIAN JIHAD DAN RADIKALISME UMAT BERAGAMA. JIHAD, RADIKALISME UMAT BERAGAMA DAN MUSLIM MODERAT. 1. JIHAD. Jihad . dalam pengertian kontekstual adalah perjuangan yang dilakukan oleh individu muslim maupun kelompok Islam dalam menyebarkan gama Islam, dan perjuangan – perjuangan lain yang lebih luas, seperti pejuangan di bidang pendidikan, kesehatan, moral,ekonomi, sosial, budaya ...

6 Views0 Downloads

Kontribusi Agama dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Riset

Hubungan Agama Islam dalam Pengetahuan dan Riset. Ilmu pengetahuan (sains) adalah pengetahuan tentang gejala alam yang diperoleh melalui proses yang disebut metode ilmiah (scientific method). Teknologi. adalah pengetahuan dan keterampilan yang merupakan penerapan ilmu pengetahuan dalam kehidupan manusia sehari-hari.

12 Views0 Downloads

PERAN DAN KONTRIBUSI DALAM MENGHADAPI DARURAT NARKOBA

TUPOKSI. DIREKTORAT RESERSE NARKOBA POLDA JAWA TENGAH. FUNGSI. TUGAS. Menyelenggarakan penyelidikan dan penyidikan . TP . penyalahgunaan Narkoba, penyuluhan dan pembinaan dalam rangka pencegahan & rehabilitasi korban penyalahgunaan Narkoba.

19 Views0 Downloads

KONTRIBUSI PELATIHAN SISWA EFEKTIF DAN FAKTOR FAKTOR YANG MEMP

oleh : kabit paidiyanto sekolah tinggi pertanian ( stiper ) dharma wacana m e t r o 2016

14 Views0 Downloads

SUBYEK HUKUM DALAM HUKUM ISLAM WordPress com

(Q. S. Az-Zariyat (51) : 56). Karena manusia dan jin diwajibkan melaksanakan perintah Allah. * Dasar Hukum dalam al-Qur’an diatur dalam Q.S.2 (II) ayat 286, yang terjemahnya: “Allah tidak memberatkan (membebani) satu jiwa (seseorang) melainkan sesuai dengan kesanggupannya, baginya apa yang diusahakannya dan untuknya apa yang diusahakannya.”

16 Views0 Downloads

HUKUM WARIS ISLAM OLEH SURYATI DOSEN FAK HUKUM UNWIKU

hukum waris islam oleh: suryati,s.h.,m.h dosen fak.hukum unwiku purwokerto bab i pendahuluan di indonesia sampai sekarang masalah warisan masih tetap diwarnai pluralisme: hk.waris adat, hk.waris b.w dan hk.islam faktor pluralisme didasarkan pada: -faktor golongan penduduk -faktor agama golongan penduduk berdasarkan pasal 163 jo 131 is, penduduk indonesia dibagi 3 gol.

14 Views0 Downloads

KEDUDUKAN HUKUM ISLAM DALAM TATA HUKUM DI INDONESIA

KEDUDUKAN HUKUM ISLAM DI INDONESIA (KESIMPULAN) Hukum Islam yg disebut & ditentukan oleh Peraturan Perundang-undangan dapat berlaku langsung tanpa harus melalui hukum adat. Republik Indonesia wajib mengatur sesuatu masalah sesuai dengan hukum Islam sepanjang pengaturan itu hanya berlaku bagi pemeluk agama Islam.

50 Views0 Downloads

HUKUM DAN EKONOMI Ilmu hukum dan ekonomi merupakan ilmu

HUKUM DAN EKONOMI Ilmu hukum dan ekonomi merupakan ilmu sosial, namun memiliki karakteristik, tujuan, serta landasan filosofis yang berbeda. Ilmu hukum bersifat normatif, ideal yang merupakan kristalisasi dari sistem nilai, budaya, ideologi, refleksi kebiasaan, serta keputusan otoritas publik; sedangkan ilmu ekonomi secara sederhana dapat dikatakan suatu ilmu yang mempelajari bagaimana dengan ...

26 Views0 Downloads

MEMBANGUN KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA Perspektif Sosiologis

Kerukunan umat beragama adalah keadaan hubungan sesama umat beragama yang dilandasi toleransi, saling pengertian, saling menghormati, menghargai kesetaraan dalam pengamalan ajaran agamanya dan kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang ...

7 Views0 Downloads

KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA

Batasan-batasan Toleransi antar Umat Beragama Tidak menyangkut dalam masalah akidah atau pokok-pokok ajaran agama. Tidak menjelek-jelekkan ajaran agama tertentu tanpa didasari oleh argumen yang kuat. قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ (1) لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ (2) وَلَا ...

1 Views0 Downloads