ISLAM SBG OBYEK KAJIAN “Islam Normatif dan Islam Historis”

ISLAM SBG OBYEK KAJIAN Islam Normatif Dan Islam Historis -ppt Download

  • Date:30 Jul 2020
  • Views:46
  • Downloads:0
  • Size:633.00 KB

Share Presentation : ISLAM SBG OBYEK KAJIAN Islam Normatif Dan Islam Historis

Download and Preview : ISLAM SBG OBYEK KAJIAN Islam Normatif Dan Islam Historis

Report CopyRight/DMCA Form For : ISLAM SBG OBYEK KAJIAN Islam Normatif Dan Islam Historis


Transcription:

BELAJAR DANPEMBELAJARANPertemuan Ke 1 1 Kontrak belajar On time maks terlambat.
Busana sesuai kode etik Tugas softcopy dan hardcopy PenilaianPertemuan Ke 2 2 Kompetensi Dasar.
Mahasiswa mampu memahami ruanglingkup filosofi belajar dan pembelajaran Pengertian Prinsip prinsip Pendekatan strategi metode dan.
filosofi pembelajaranNo Orientasi Elemenbelajar Perubahan tingkah laku2 Pembela Interaksi pendidik dan peserta didik ataujaran dengan sesama peserta didik menuju peristiwa.
belajar guna mencapai tujuan3 Peran Peran Utama mengarahkan menumbuhPendidik kembangkan dan memelihara potensipeserta didik Pedagogik memberi dan mengarahkan.
peserta didik Andragogik fasilitator mengelola sumber sumber belajar untuk mencapai tujuan 4 Lingkunga Suasana internal dan eksternal peserta didikn untuk siap menerima informasi pembelajaran .
Konsep2 kunciMetode Strategi TeknikKonseptu Prosedural Prosedural Implemen al tujuan proses tasiTanya jawab Mengkhayal .
Sasaran diskusi Kontrakdemonstrasi drill Belajar ImajinasIndividu Pengalaman karyawisata i dll Pembiasaan problem solving Emosional Badai.
berhembus Sasaran Rasional Seminar Prediction tvFungsional simposium forum komersial Kelom panel musyawarahJigsaw Learning .
Prinsip metode dan Strategi PembelajaranNo Prinsip Penjelasan1 Hangat dan Antusias 2 Akrab3 AntusiasMeningkatkan gairah peserta didik.
2 Tantangan untuk belajar2 Alat bantu3 Bervariasi 3 Gaya guru4 Pola interaksi5 Menghindari kejenuhan.
1 Menciptakan iklim belajar4 Keluwesan efektifPenekanan pada hal hal 1 Penguatan positif5 2 Dorongan yang positif1 Disiplin siswa.
6 Penananaman Disiplin Diri 2 Disiplin guru Kelayakan MetodeNo Metode Digunakan Jika1 Ceramah Menyampaikan fakta atau pendapatMembuka dialog meninjau ulang dan.
2 Tanya Jawabmenyelingi pembicaraanMencari aternatif denganmempertimbangkan dan membandingkanMeningkatkan keterampilan dan.
kecakapan motorik dan mental Demontrasi Mengalami mencoba mengerjakan5 sesuatu dan mengamati proses dan hasileksperimen percobaan Pelaksanaan.
Menguji kemahiran7 Karyawisata Memperluas cakrawala8 Memupuk kerjasama Tahapan PembelajaranTahap Nana Sudjana Melvin L Silberman.
Prainstruksional Mengaktifkan peserta didik sejak dini1 Guru menanyakan kehadiran siswa 1 Membangun tim2 Guru menanyakan sampai dimana 2 Penilaian secara cepatpembahan pembelajaran 3 Melibatkan Peserta Didiksebelumnya.
Pertama 3 Mengajukan pertanyaan kepada4 Memberikan kesempatan kepadasiswa untuk bertanya5 Mengulang kembali pelajaran yangInstruksional Membantu Peserta Didik memperoleh.
Pengetahuan Keterampilan dan Sikap secara1 Menjelaskan kepada siswa tujuan 1 Pengajaran kelas penuhpembelajaran 2 Merangsang diskusi kelas2 Menuliskan pokok materi yang akan 3 Pertanyaan terlalu singkatKedua dibahas 4 Belajar dengan cara bekerjasama.
3 Membahas pokok materi 5 Mengajar teman sebaya4 Setiap pokok materi diberikan 6 Belajar mandiricontoh konkret 7 Belajar afektif5 Penggunaan alat bantu 8 Pengembangan Kecakapan6 Menyimpulkan hasil pembahasan.
dari materiPenilaian dan Tindak Lanjut Belajar agar tidak lupa1 Mengajukan pertanyaan kepada 1 Meninjau ulangkelas atau beberapa siswa 2 Penilaian diriKetiga 2 Mengulang kembali pembahasan 3 Perencanaan masa depan.
jika kurang dari 70 4 Sentimen terakhir3 Pemberian tugas4 Penjelasan pembahasan materi Tahapan PrainstruksionalTahap Nana Sudjana Melvin L Silberman.
Prainstruksional Mengaktifkan peserta didiksejak dini1 Guru menanyakan 1 Membangun timkehadiran siswa 2 Penilaian secara cepat2 Guru menanyakan sampai 3 Melibatkan Peserta.
dimana pembahan DidikPertam pembelajaran sebelumnyaa 3 Mengajukan pertanyaankepada siswa4 Memberikan kesempatan.
kepada siswa untuk5 Mengulang kembalipelajaran yang lalu Tahapan InstuksionalTahap Nana Sudjana Melvin L Silberman.
Instruksional Membantu Peserta Didikmemperoleh Pengetahuan Keterampilan dan Sikap secara1 Menjelaskan kepada siswa 1 Pengajaran kelas penuhtujuan pembelajaran 2 Merangsang diskusi kelas.
2 Menuliskan pokok materi 3 Pertanyaan terlalu singkatKedua yang akan dibahas4 Belajar dengan cara3 Membahas pokok materi bekerjasama4 Setiap pokok materi 5 Mengajar teman sebaya.
diberikan contoh konkret6 Belajar mandiri5 Penggunaan alat bantu7 Belajar afektif6 Menyimpulkan hasil.
8 Pengembangan Kecakapanpembahasan dari materi Tahapan Penilaian dan Tindak LanjutTahap Nana Sudjana Melvin L SilbermanPenilaian dan Tindak Belajar agar tidak lupa.
1 Mengajukan 1 Meninjau ulangpertanyaan kepada 2 Penilaian dirikelas atau beberapa 3 Perencanaan masasiswa depanKetiga 2 Mengulang kembali 4 Sentimen terakhir.
pembahasan jikakurang dari 70 3 Pemberian tugas4 Penjelasanpembahasan materi.
MODEL PAIKEM P embelajaran Usaha untuk mengorganisir lingkunganbelajar dengan sebaik baiknya sehingga tercipta situasikondusif bagi peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar A ktif Proses membangun pengertian pemahaman .
wawasan sikap pengalaman dan perilaku peserta didik dalamproses pembelajaran I novatif Kiat kiat tertentu untuk menciptakan danmelakukan terobosan terobosan baru sehingga terjadiperubahan dalam pembelajaran .
K reatif Proses pembelajaran yang menumbuhkanemajinasi rasa ingin tahu motivasi dan keberanian inginmencoba meniru oleh peserta didik E fektif Tercapainya kompetensi peserta didikberdasarkan indikator hasil belajar yang diharapkan secara.
optimal demi keberlanjutan proses M enyenangkan nuansa belajar yang menarik menyejukkan menggembirakan dan mencerdaskan KONSEP DASARPendekatan pembelajaran yang.
memungkinkan peserta didik melakukankegiatan belajar yang beragam untukmengembangkan keterampilan sikap danpemahaman dengan penekanan kepadabelajar sambil bekerja sementara guru.
menggunakan berbagai sumber dan alatbantu belajar termasuk pemanfaatanlingkungan supaya pembelajaran lebihmenarik menyenangkan dan efektif Credo Pembelajaran Aktif.
Confucius Melvin L SilbermanAsli What I hear I forget What I hear I forgetWhat I see I remember What I hear and see I remember a littleWhat I do I understand What I hear see and ask questions about ordiscuss with someone else I begin to understand .
What I hear see discuss and do I acquireknowledge and skill What I teach to another I master Terjemah Apa yang saya dengar Apa yang saya dengar saya lupa saya lupa Apa yang saya dengar dan lihat saya ingat sedikit .
Apa yang saya lihat saya Apa yang saya dengar lihat dan tanyakan atauingat diskusikan dengan beberapa teman lain sayaApa yang saya lakukan mulai paham saya paham Apa yang saya dengar lihat diskusikan danlakukan saya memperoleh pengetahuan dan.
keterampilan Apa yang saya ajarkan pada orang lain saya 10 cara tata ruang kelasNo Format Simulasi2 Corak Tim.
3 Meja Konference4 Lingkaran1 Lihat buku Melvin L 5 Kelompok untuk Kelompok6 Workstation 2 Transparansi berikut .
7 Breakout groupings8 Susunan Chevron9 Kelas tradisional10 Auditorium.
BELAJAR DAN PEMBELAJARAN Pertemuan Ke 1 * Kontrak belajar On time, maks terlambat Busana sesuai kode etik Tugas softcopy dan hardcopy Penilaian Pertemuan Ke-2 * Kompetensi Dasar Mahasiswa mampu memahami ruang lingkup filosofi belajar dan pembelajaran Materi : Pengertian, Prinsip-prinsip, Pendekatan, strategi, metode, dan teknik filosofi pembelajaran No. Orientasi Elemen 1. Ko

Related Presentations

KAJIAN TEORI ATAU KAJIAN PUSTAKA staffnew uny ac id

KAJIAN TEORI atau KAJIAN PUSTAKA (Draf Naskah buku pedoman penulisan TAS Tahun 2009 , FISE UNY) Analisis Teoritis dan Penelitian yang Relevan berisi analisis berbagai teori dan hasil penelitian yang relevan dengan masalah yang diteliti. peneliti melakukan sistesis terhadap teori yang relevan agar diperoleh legitimasi konseptual terhadap ...

16 Views0 Downloads

KAJIAN TEORI ATAU KAJIAN PUSTAKA

manfaat kajian teori dalam penelitian. suatu yang ingin diketahuai dalam penelitian mencakup masalah dalam 2 tingkatan: suatu pertanyaan yg jawabannya sama sekali belum diketahui; suatu pertanyaan yg telah diketahui jawabannya tetapi masih meragukan jawabannya. keduanya memerlukan penjelasan /teori.

15 Views0 Downloads

REVIEW LITERATUR KAJIAN TEORI ATAU KAJIAN PUSTAKA DALAM

Literatur reviewberisi uraian tentang teori, temuan dan bahan penelitian lain yang diperoleh dari bahan acuan untuk dijadikan landasan kegiatan penelitian.. Uraian dalam literatur review. ini diarahkan untuk menyusun kerangka pemikiran yang jelas tentang pemecahan masalah yang sudah diuraikan dalam sebelumnya pada perumusan masalah.

18 Views0 Downloads

Manajemen Obyek Daya Tarik Wisata Alam MR 503 Memberikan

Perkuliahan juga diisi dengan presentasi contoh / foto-foto beberapa ruang hijau, diskusi studi kasus serta pemaparan contoh kasus dalam perencanaan hutan kota di Indonesia. Author: Mr. Tri Lastono Last modified by: FITRI Created Date: 9/2/2008 6:55:17 AM Document presentation format: On-screen Show (4:3) Company: Bandung Other titles

13 Views0 Downloads

PEMBELAJARAN SBG PROSES PELAKSANAAN KURIKULIM

Untuk Keberhasilan K B K (3) Untuk meningkatkan mutu pembelajaran, maka pelatihan guru untuk meningkatkan kompetensinya dan meningkatkan keefektifan konsep KBK di kelas, sangat diperlukan Kompetensi guru terutama dalam pengelolaan pembelajaran; memilih topik-topik yang dibuat dlm silabus, mengubah metodologi mengajar, dan mengembangkan model ...

7 Views0 Downloads

Analisis dan Desain Berorientasi Obyek

(Mis: klien, developer, pakar, dll) Dokumen permintaan memiliki 2 fungsi: 1. memformulasikan kebutuhan klien 2. membuat suatu daftar tugas Ada beberapa pendekatan yang biasa digunakan dalam menganalisa suatu sistem, yaitu: 1. Functional Decomposition 2. Data Flow Approach 3.

11 Views0 Downloads

Folie 1 sbg ac at

Instances of Use of United States Forces Abroad, 1798 - 1993 by Ellen C. Collier, Specialist in U.S. Foreign Policy, Foreign Affairs and National Defense Division

0 Views0 Downloads

KAJIAN DAN PENGEMBANGAN ASPEK TARIKH DAN PERADABAN ISLAM

Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW Kompetensi Dasar Standar kompetensi STANDAR ISI MP PAI ASPEK TARIKH DAN PERADABAN ISLAM KELAS VIII 15.1 Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah 15.2 Menyebutkan tokoh ilmuwan muslim dan perannya sampai masa daulah Abbasiyah. 15.

25 Views0 Downloads

KONSEPSI KAJIAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Negara-bangsamenjalankan peran yang sama di negara-negara Asia dan Barat berkaitan dengan pendidikan kewarganegaraan. Ada semacam ketegangan antara pendidikan kewarganegaraan, mata-mata pelajaran sekolah, dan kurikulum akademik.

18 Views0 Downloads

Selayang Pandang Bidang Kajian Sistem amp Manajemen Industri

Pemodelan Sistem Pertanian & Agroindustri. Optimalisasi dan Simulasi Sistem. Perancangan Sistem Kerja Dan Tata Letak Pabrik. Analisis Rekayasa Sistem Industri (al : Value Engineering, Decision Analysis) Kajian Teknoekonomi. Manajemen Mutu Dan Proses. Pengembangan Produk dan Standarisasi. Ergonomika Pertanian

45 Views6 Downloads

KAJIAN TINDAKAN

Aspek tatabahasa bagi imbuhan kata kerja ditekankan melalui pembacaan DS. Tinjauan masalah setiap kali peperiksaan program ialah guru mendapati murid lemah dalam menguasai tatabahasa kerana kurang membaca bahan berbentuk ilmiah seperti buku teks, rujukan dan sebagainya berbanding bahan bacaan berbentuk hiburan seperti majalah hiburan dan komik.

36 Views0 Downloads

KAJIAN TINDAKAN SEJARAH TINGKATAN DUA

Terdapat pelajar yang tidak lulus mata pelajaran Sejarah di peringkat sekolah mahupun peperiksaan PMR dan SPM Mereka kurang meminati pelajaran Sejarah yang pada tanggapan mereka merupakan mata pelajaran yang amat membosankan dan sukar mengingati fakta-fakta, tajuk-tajuk dan nama Pelajar juga menghadapi masalah memahami konsep keseluruhan ...

16 Views0 Downloads