KEPEMIMPINAN, DINAMIKA KELOMPOK & MANAJEMEN KONFLIK

KEPEMIMPINAN DINAMIKA KELOMPOK MANAJEMEN KONFLIK-ppt Download

  • Date:25 Jun 2020
  • Views:34
  • Downloads:0
  • Size:681.79 KB

Share Presentation : KEPEMIMPINAN DINAMIKA KELOMPOK MANAJEMEN KONFLIK

Download and Preview : KEPEMIMPINAN DINAMIKA KELOMPOK MANAJEMEN KONFLIK

Report CopyRight/DMCA Form For : KEPEMIMPINAN DINAMIKA KELOMPOK MANAJEMEN KONFLIK


Transcription:

KEPEMIMPINAN DINAMIKAKELOMPOK MANAJEMEN KONFLIK PENGANTARberkelompok 2 bersuku suku DALAM.
3 berbangsa MEMBUTUHKA PEMIMPINIa tidak selalumempunyai surat.
pengangkatan PEMIMPIN Seseorang yang dapat menggerakkan membimbing memimpin memberikemudahan memberi contoh teladan .
serta memberi kegairahan kerja kepadaorang lain yang ada di sekelilingnya untukmengikuti jejak pemimpin tersebut KEPEMIMPINAN yaitu kegiatan atau seni.
mempengaruhi orang lain agar maubekerjasama yang didasarkan padakemampuan orang tersebut untukmembimbing orang lain dalammencapai tujuan tujuan yang.
diinginkan kelompok Tead Terry Hoyt dalam Kartono 2003 SIFAT SIFAT KEPEMIMPINAN Energik dan pandangan Keseimbanganke depan mental dan tidak.
Wawasan luas dan emosional Pegaulan sosial dan Imaginasi dan percayapersahabatan Integritas dan Antusias.
kemampuan berbicara Berani DINAMIKA KELOMPOK1 Pengertian Definisi fungsi manfaat kualifikasi kelompok2 Menganalisis tahap pertumbuhan kelompok.
3 Mengidentifikasi faktor faktor yangmempengaruhi dinamika kelompok4 Mengidentifikasi norma dan nilai kelompok DEFINISI Kelompok adalah kumpulan dari beberapa.
individu yang berinteraksi dan mempunyaitujuan bersama Dinamika tingkah laku anggota yang dapatmempengaruhi tingkah laku anggota lainsehingga terjadi umpan baik .
Suatu kelompok yang terdiri dari dua atau lebihindividu memiliki hubungan psikologis secarajelas antara anggota satu dengan lainnya dapatberlangsung dalam situasi yang dialami bersama DINAMIKA KELOMPOK.
memberikan motivasi untuk memenuhikebutuhan dan menentukan apa tujuan kitasehingga terjadi interaksi antar individu Manfaat 1 Adanya keterbukaan antar anggota.
2 Adanya rasa saling membantu antar anggota Pengembangan KelompokAdjourningKelompok membubarkan diri karenatujuan sudah tercapai atau karena.
tidak utuh lagiPerformingKelompok telah matang dan kompak dalamNorming mencapai tujuan kelompokAdanya kesepakatan tentang standar.
Storming aturan perilaku dalam kelompokKekacauan saling berebut pengaruh dan status dalamAwal terbentuknya kelompok saling mengenalantara satu dengan lainnyaTime Bruce Tuckman 1965 .
Hal yang perlu diperhatikan Lanjutan Setiap orang membawa pengalaman masa Setiap orang datang dengan kepribadiannyamasing masing persepsi sikap dan nilai nilai.
yang dianutnya Setiap orang datang dengan sejumlah harapan Ciri Ciri Kelompok yang Efektif1 Secara berkala kelompok menetapkankinerja tujuan dan prosesnya.
2 Tidak ada kezaliman terhadap minoritas dominating subgroup or individual 3 Anggota kelompok terlibat tertarik danmau mendengarkan yang lain4 Banyak keputusan yang dihasilkan.
melalui musyawarah mufakat Konsep Dasar Active Learning Apa yang saya dengar saya lupa Apa yang saya lihat saya tidak ingat Apa yang saya dengar lihat dan diskusikan.
saya mulai mengerti Apa yang saya dengar lihat diskusikan dansaya kerjakan saya dapat pengetahuan danketerampilan Apa yang saya ajarkan saya kuasai.
Strategy to teach any subject 1995 Tahap Pertumbuhan Kelompok Tahap Pembentukan Rasa Kekelompokan Tahap Pancaroba Tahap pembentukan Norma.
Tahap Berprestasi Tahap Pembentukan Rasa KekelompokanSetiap individumelakukan berbagaipenjajagan terhadap.
anggota lainnya Tahap Pancaroba mendeteksi kekuatan dan kelemahan prosesinteraksi yang intensif ciri penting anggota akan saling.
mempengaruhi di antara satu sama lain Tahap Pembentukan NormaCohesi trust dan kepuasan hubungan sertakonsensus diantara anggota kelompok dalampengambilan keputusan meningkat.
Tahap Berprestasi norma kelompok telah disepakati tujuan dan tugas kelompok serta peran masing masing anggota telah jelas ada keterbukaan dalam komunikasi.
keluwesan dalam berinteraksisatu sama lain perbedaanpendapat ditolerir inovasiberkembang MANAJEMEN KONFLIK.
MANAJEMEN KONFLIK kemungkinan terjadinya suatu konflikdalam organisasi berhubungan dengan perasaan termasukperasaan yang diabaikan tidak dihargai .
atau beban berlebihan dan perasanindividu yang menimbulkan suatu titik KONFLIK DAN PERAN PEMIMPIN Perubahan lingkungan yang sangat cepat Tuntutan dalam pelayanan menjadi lebih.
tinggi dan kompleks Peran pemimpin mampu mengatasipermasalahan yang ada serta konflik konflik yang terjadi dalam organisasi SUMBER KONFLIK.
sebagai hasil adanya komunikasi hubungan pribadi atau struktur organisasi yangbermasalah TUJUAN MANAJEMEN KONFLIK.
tidaklah untuk menyingkirkan Justru tujuan itu adalah menciptakanintensitas konflik yang tepatsehingga menuai manfaatfungsionalnya .
KUNCI MENGHADAPI KONFLIK1 Fungsi Konflik2 Pemicu Konflik3 Spiral Konflik4 Alternatif Penyelesaian Konflik.
1 FUNGSI KONFLIK Alat Kohesi Organisasi kompak ketika menghadapi lawan Jangan menjelekkan organisasi lain Persepsi saling BERPACU dalam PRESTASI.
Pendorong Kreativitas forum bagi anggota organisasi yang berbedapendapat dalam bentuk DISKUSI Hasil diskusi IDE BARU wujud kreativitas Alat Pelepas Katup.
perlu memberi kesempatan staf untukmenyampaikan permasalahan Alat Keseimbangan Organisasi perlu memelihara agar konflik terbatasmenjadi HIDUP.
Ibarat MAKAN PERLU SAMBAL BIAR ENAK 2 PEMICU KONFLIKTerjadi karena perbedaan Prinsip Nilai Sentimen subyektivitas.
Harapan Kompensasi 3 SPIRAL KONFLIK Konflik semakin lama semakin melebar sampai tahap puncak bersifat destruktif.
Faktor penyebab jangan ungkit masalah pribadi dan masalalu jangan ubah masalah dan jangan 4 ALTERNATIF SOLUSI1 KOLABORASI WIN WIN solution .
2 KOMPROMI3 AKOMODASI4 KOMPETISI5 MENGHINDAR CARA PANDANG.
Tradisional Hubungan Manusia InteraksionalBaik buruknya konflik dalam organisasitergantung dari cara suatu kelompok.
memandang konflik tersebut JENIS KONFLIK Konflik Fungsional semua jenis konflikyang dapat mendukung sasaranorganisasi dalam memperbaiki kinerjanya.
Konflik Disfungsional jenis konflik yangdapat menghambat atau merintangiorganisasi dalam memperbaiki kinerjanyaIndriyatni 2010 Seorang pemimpin yang baik .
harus tanggap situasi konflik diorganisasinya dan menyelesaikanberdasarkan ilmu dan senimengatasi konflik 5 GAYA YANG PERLU DIKUASAI.
1 Metode Penghindaran avoidance 2 Metode Sama Rata smoothing 3 Metode Kompetisi competition 4 Metode Kompromi compromise 5 Metode Pemecahan Masalah problem.
AVOIDANCE Metode ini dilakukan pemimpindengan menjadi tidak kooperatif dantidak asertif menyembunyikanketidaksetujuan menarik diri dari.
situasi dan tetap netral SMOOTHING Lebih memusatkan perhatian pada upayauntuk memuaskan pihak lain daripadadiri sendiri .
Pemimpin menjadi kooperatif tujuannyauntuk mempertahankan keharmonisanorganisasi COMPETITION Orientasi pada diri sendiri yang tinggi.
dan rendahnya kepedulian terhadapkepentingan orang lain mendoronguntuk menggunakan taktik sayamenang kamu kalah serta menekanpihak lain dengan wewenang yang.
COMPROMISE Gaya ini menjadikan seorangpemimpin menjadi kooperatif danasertif pada tingkat yang sedangyang secara seimbang memadukan.
antara kepentingan sendiri dankepentingan pihak lain PROBLEM SOLUTION Metode ini melibatkan pihak pihakyang berkepentingan untuk duduk.
bersama mengidentifikasi masalahkemudian mencari solusi dimanasemua pihak diuntungkan BAGAIMANA MENGATASI KONFLIKSTRUKTURAL .
seorang pemimpin sebaiknya menggunakanmetode kompromi compromise karenadalam menangani konflik yang eratkaitannya dengan hirarki jabatan pekerjaanini seorang pemimpin harus memadukan.
antara kepentingan pihak 1 dan pihak 2sehingga konflik dapat terselesaikan BAGAIMANA MENGATASI KONFLIK FUNGSI seorang pemimpin sebaiknya menggunakanmetode pemecahan masalah problem.
solution Konflik fungsi kerja merupakankonflik yang muncul karena suatu departemenkerja berinteraksi dengan departemen kerja Referensi Aplikasi Ilmu Perilaku Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Yogyakarta UII Press .
Cole Kris 2005 Komunikasi Sebening Kristal Meraih Sukses Melalui Ketrampilan Memahami Bandung Quantum Bisnins Manajemen Consalvo Carmine 1996 Outdoor Games for Trainers USA Gower Evans Alice Frazer dkk 2006 Peace Skills Panduan Memimpin Terampil Membangun Perdamaian Yogyakarta Kanius .
Hardjana Agus M 2001 Training SDM yang Efektif Yogyakarta Kanisius Hildegrad Wenzler Cremer Maria Fischer Siregar 1993 Permainan dan Latihan Dinamika Kelompok ProsesPengembangan Diri Jakarta Grasindo LAN RI 2001 Modul Kepemimpinan di Alam Terbuka Jakarta Tidak Diterbitkan LAN RI 1994 Pengenalan Dinamika Kelompok Modul 1b Jakarta Tidak Diterbitkan .
McGraw Hill 1996 100 Training Games Sidney McGraw Hill Company Miller Bryan Cole 2007 50 Quick Team Building Games Jakarta Buana Ilmu Populer Murtini Sri Judianto 2001 Kepemimpinan di Alam Terbuka Bahan Ajar Diklatpim Tingkat III Jakarta LAN RI Patty A M 2002 Permainan Untuk Segala Usia Jakarta BPK Gunung Mulia Rakhmat Jalaluddin 1996 Psikologi Komunikasi Edisi Revisi Bandung Remaja Rosda Karya .
Ratna Sri 2006 Dinamika Kelompok Bahan Ajar Diklat Prajabatan Golongan I dan II Edisi Revisi Jakarta Lembaga Administrasi Negara Santosa Slamet 1983 Dinamika Kelompok Jakarta Bumi Aksara Smart JK 2005 Real Coaching and Feedback Bagaimana Membantu Orang orang Meningkatkan KinerjaMereka Jakarta Bhuana Ilmu Populer .
Solita Sarwono 1982 Kumpulan Latihan Dinamika Kelompok Jakarta Badan Penerbit Kesehatan Masyarakat Yayasan Indonesia Sejahtera 1981 Bermain Menghayati dan Belajar Kumpulan Latihan Permainan Solo Tidak Diterbitkan Trevor Bentley 1997 Facilitation Providing Opportunities for Learning The Mc Graw Hill Training Series.
dan perasan individu yang menimbulkan suatu titik kemarahan. ... Aplikasi Ilmu Perilaku Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. UII Press. Cole, Kris. (2005). ... Dinamika Kelompok, Bahan Ajar Diklat Prajabatan Golongan I dan II, (Edisi Revisi). Jakarta. Lembaga Administrasi Negara.

Related Presentations

KEPEMIMPINAN ULAMA DALAM DINAMIKA SOSIAL

(5)Kesinambungan memelihara nilai-nilai yang sudah ada dan mengambil nilai–nilai yang baru (al-Muhafadlah ‘alal- qadim as- shalih, wal akhdzu bil jadid al-ashlah) (6) Tradisi keagamaan yang spesifik ala NU ( Islam ahlussunnah wal jamaah) sebagai metoda dan strategi dakwah dan sekaligus sarana (wasilah) untuk meraih berkah (tabarruk) seperti ...

11 Views0 Downloads

Sesi 1 Pengantar Dinamika Kelompok

Beranggapan bahwa perubahan perilaku individu tergantung kepada kebutuhan. 4.Teori Kurt Lewin (1970) Berpendapat bahwa perilaku manusia adalah suatu keadaan yang seimbang antara kekuatan-kekuatan pendorong dan kekuatan-kekuatan penahan. ... Sesi 1: Pengantar Dinamika Kelompok

28 Views0 Downloads

Dinamika Kelompok Institutional Repository Undip Undip IR

Pentingnya Dinamika Kelompok Dinamika Kelompok: metode & proses yang bertujuan meningkatkan nilai kerja sama kelompok yg dilandasi pada prinsip2: 1, Gestalt psychologi( keseluruhan lebih besar dari penjulahan bagian2nya. 2. Nilai kerjasama kelompok bergantung pada iteraksi dan perilaku para anggotanya. Kedua prinsip tsb dapat diketahui: Hub.

27 Views0 Downloads

PEMBENTUKAN DAN DINAMIKA KELOMPOK

No. Stakeholder. Interests. 19. Security system (1)Forensic & legal support (2)MH service in prison & detention, (3)facilities for handling violent and other mental health-related problem

16 Views0 Downloads

Konsep Dinamika Kelompok jukarnain01ners

Konsep Dinamika Kelompok Oleh: Ns. Jukarnain, S.Kep. * Pendahuluan Dinamika kelompok memberikan motivasi pada kita untuk memenuhi kebutuhan dan mementukan apa tujuan kita sehingga terjadi interaksi antar individu. Kelompok merupakan kumpulan individu yang saling berinteraksi dan meimiliki tujuan bersama.

4 Views0 Downloads

KLASIFIKASI KELOMPOK DAN PENGARUH KELOMPOK PADA PERILAKU

Teori Aprehensi Komunikasi Ada tidaknya penyebab aprehensi komunikasi dapat dikelompokkan menjadi 3 (tiga) kategori : 1)Pemrosesan kognitif yang tidak tepat ; munculnya rasa tidak nyaman dalam menghadapi kegiatan komunikasi Contoh : menemui Dekan ‘killer’ .Maka yang dibayangkan adalah situasi mencemaskan yang akan berlangsung dalam ...

37 Views0 Downloads

Pengantar Manajemen Manajemen dan Evolusi Manajemen

Pengantar Manajemen: Manajemen dan Evolusi Manajemen Last modified by: DR . MULYANINGRUM ...

35 Views0 Downloads

MANAJEMEN DAN KEPEMIMPINAN LEADERSHIP PERUBAHAN PTAIN

MANAJEMEN DAN KEPEMIMPINAN (LEADERSHIP) PERUBAHAN PTAIN 1. Keiginan Kita terhadap PTAIN Lulusannya Mampu Memahami Sumber Ajaran Islam (al Qur’an, Hadits); Mampu Berbahasa Arab dan Bahasa Inggris; Mampu Berkomunikasi Lisan dan Tulisan Secara Baik; Mampu Menjadi Pemimpin Kegiatan Spiritual (Imam Sholat, Khutbah, Haji dll) Mampu Hidup Mandiri secara Ekonomi, Sosial dan lain-lain; Menguasai ...

18 Views0 Downloads

PERAN KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN DALAM PELAYANAN DAN

Adapun sumber-sumber tersebut adalah orang, uang, material, peralatan (mesin), metode, waktu dan prasarana lainnya Untuk mencapai tujuan tersebut, maka orang-orang didalam organisasi harus jelas wewenang, tanggung-jawab dan tugas pekerjaannya.

19 Views0 Downloads

KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN KEPERAWATAN

Teori Y : Bekerja merupakan hal yang alamiah spt. Bermain atau istirahat Pengawasan dari luar dan ancaman bukan mrpkn satu2nya cara untuk u/ mendorong orang untuk menghasilkan sesuatu.

15 Views0 Downloads

KEPEMIMPINAN DALAM MANAJEMEN

KEPEMIMPINAN DALAM MANAJEMEN Kepemimpinan dan Manajemen seringkali disamakan pengertiannya oleh banyak orang, padahal dua makna tersebut memiliki perbedaan, dimana kepemimpinan me

13 Views0 Downloads

Kepemimpinan amp Motivasi

PERTEMUAN 12 KEPEMIMPINAN & MOTIVASI Komunikasi kepemimpinan Komunikasi interpersonal : membina kedekatan Membangun kredibilitas memelihara visi dan misi Komunikasi masa Followership yg baik : memberi dukungan kepada pemimpin Memiliki inisitif yg tinggi mencari dan menerima umpan balik dari pimpinan Memperlihatkan apresiasi Selalu menyampaikan apa yg telah dikerjakan kepada pimpinan ...

14 Views0 Downloads