Konflik dan keterampilan dalam bernegosiasi

Konflik Dan Keterampilan Dalam Bernegosiasi-ppt Download

  • Date:13 Aug 2020
  • Views:13
  • Downloads:0
  • Size:622.50 KB

Share Presentation : Konflik Dan Keterampilan Dalam Bernegosiasi

Download and Preview : Konflik Dan Keterampilan Dalam Bernegosiasi

Report CopyRight/DMCA Form For : Konflik Dan Keterampilan Dalam Bernegosiasi


Transcription:

konflik dan negosiasi Konflik adl satu proses yang dimulai jika satu pihakberanggapan bahwa pihak lain secara negatif telahmempengaruhi secara negatif Robbins dalam Munandar Mazhab pemikiran lain yakni human relation view .
mengatakan bahwa konflik merupakan hasil alamiah dantak dapat dielakan dlm kelompok manapun bahwa koflikbukanlah sesuatu yang jahat Dengan kata lain pandangan ini mengaggap bahwa konflikmemang sesuatu yang harus diterima krn koflik.
mempunyai potensi untuk menjadi kekuatan yang positifdalam menentukan kinerja kelompok konflik dan negosiasi Konflik Intraindividu danInterpersonal.
Bedanya intraindividu dan interpersonal Interpersonal adl antara satu orang dengan orang lainsedangkan Intraindividu sama dengan interpersonalartinya antara satu individu dengan dirinya sendiri contohnya ngomong sm diri sendiri dan memikirkan.
Kaitannya dengan konflik Konflik interpersonal artinya konflik yang terjadi antaraindividu satu dengan lainnya Konflik intrapersonal adl konflik yang terjadi di dalamdirinya sendiri .
konflik dan negosiasi Konflik Interpersonal antar individu Konflik ini sangat mempengaruhi emosi seseorang Ada kebutuhan untuk melindungi citra diri self image .
dan harga diri self esteem dalam pandangan org lain Kepribadian atau sifat yang beda akan menimbulkan koflikjenis ini begitu pula kalau terjadi kegagalan komunikasidan adanya perbedaan persepsi Timbul dari berbagai sumber seperti perubahan dalam.
organisasi perbedaan nilai perbedaan pandangan ancama terhadap statuskonflik dan negosiasi Konflik Intraindividu diri sendiri .
Adalah konflik seseorang dengan dirinya sendiri Konflik terjadi bila pada waktu yang sama seseorangmemiliki dua keinginan yang tidak mungkin dipenuhi Konflik intraindividu juga bisa disebabkan oleh tuntutantugas yang melebihi kemampuan .
Ada tiga macam bentuk konflik intraindividu yaitu A Approach approach Conflict dimana seseorangmengalami konflik karena diperhadapkan pada dua tujuanyang sama sama menguntungkan atau sama samadisukai karena memiliki daya tarik yang sama juga .
konflik dan negosiasi Sebagai contoh di waktu yang sama seseorang harus membuat pilihan menerimapromosi jabatan yang sudah lama didambakan atau pindah tempat tugas ke tempat laindengan iming iming gaji yang besar B Avoidance avoidance Conflict Di sini seseorang.
menghadapi situasi yang mengharuskan ia terpaksa memilihdi antara dua alternatif yang sama sama tidak disukai atausama sama dianggap buruk Contoh kongkrit Laboratorium Sistem Informasi disediakan opsi untuk pindah kegedung yang angker atau tetap di gedung yang lama dan sumpek .
C Approach avoidance conflict Pada kasus ini seseorangharus menghadapi situasi dimana waktu ia memilih ia harusmenghadapi konsekwensi yang saling bertolak belakang Misalnya orang itu akan memperoleh gaji yang sangat besar tapi harus pindahke tempat terpencil yang sangat tidak disukai .
konflik dan negosiasi Konflik dalam kelompok Terjadi karena perbedaan pandangan loyalitas kelompok dan persaingan utuk memperoleh sumber daya yang Dlm sebuah organisasi selalu ada keterbatasan sumber.
daya sementara kebutuhan dan keinginan berbagaikelompok di dalamnya sangat beragam Kondisi inimendorong terjadinya konflik Manfaat konflik dalam konteks organisasi adalah 1 Bersifat Fungsional adl konflik yang mendukung tercapainya.
tujuan dan meningkatkan kinerja klpk2 Bersifat Disfungsional konflik yang menghambat kinerja klpkkonflik dan negosiasi Konflik antar OrganisasiDampak dari dua kelompok organisasi yang bersaing .
1 Setiap kelompok menilai kelompok lain sebagai musuh2 Setiap kelompok mulai mengalami distorsi gangguan dalam persepsi klpk cenderung melihat yang baik hanyaberdasarkan kelompoknya sendiri 3 Rasa bermusuhan dgn kelompok lain meningkat .
sebaliknya interaksi dan komunikasi dgn kelompok lainjadi menurun4 Jika kelompok di paksa untuk berinteraksi cenderunghanya mendengarkan saja konflik dan negosiasi.
Penyebab KonflikFaktor Faktor Organisasi Faktor Faktor AntarpribadiPersaingan untuk mendapatkan sumber Iri hati atau dendamdaya yang langkaKetidakjelasan tanggung jawab dan Salah anggapan yakni kesalahan.
wewenang mengenai penyebab dari perilaku orangKejadian kejadian yang muncul dari Komunikasi yang burukkesalingketergantungan Biasanyadalam organisasi sprt dalam unit kerja kelompok individu yg bergantung kpd.
pihak lain untk menjalankan pekerjaanSistem imbalan Kritik yang tidak tepatDiferensiasi atau pembedaan dalamsebuah organisasikonflik dan negosiasi.
Teknik teknik ManajemenPenyelesaian masalahPertemuan tatap muka antara pihak pihakyang berkonflik utk mengidentifikasi masalahdan menyelesaikannya melalui diskusi.
Tujuan yang lebih tinggi Menciptakan tujuan bersama yang tidak akan Superordinate goals dapat di capai tanpa kerja sama setiap pihak yangberkonflikPenambahan sumber daya Bila konflik disebabkan oleh kelangkaan sumberdaya misalnya uang peluang promosi ruang.
kantor Penambahan sumber daya dapatmenciptakan win win solutionPenghindaran Menarik diri dari atau menekan menghentikanPenghalusan Memperkecil perbedaan sambil menekankankepentingan bersama di antara pihak pihak yang.
terlibat konflikKompromi Setiap pihak yang terlibat konflik menyerahkan memberikan sesuatu yang bernilai kpd pihak lainkonflik dan negosiasi Perintah berlandaskan Manajemen menggunakan otoritas formalnya.
kewenangan untuk menyelesaikan konflik danmengkomunikasikan maksudnya kpd pihak2yang terlibat konflikMengubah variabel Menggunakan teknik2 perubahan perilaku sepertimanusia pelatihan hubungan antar manusia Untuk.
mengubah sikap dan perilaku yang menyebabkanterjadinya konflikMengubah variabel Mengubah struktur organisasi formal dan pola2struktural interaksi antar pihak yang berkonflik melaluiperancangan ulang pekerjaan mutasi penciptaan.
posisi jabatan yang berfungsi koordinatif dsb Manajemen konflik adl penggunaan teknik2resolusi dan stimulasi konflik untuk mencapaitingkat konflik yang diinginkan konflik dan negosiasi.
Teknik teknik stimulasi konflikKomunikasi Menggunakan pesan2 yang ambigu ataumengancam untuk menaikan tingkat konflikMemasukan orang luar Ke dalam sebuah klpk memasukan orang2 dgnlatar belakang nilai sikap atau gaya manajerial.
yang berbeda dgn anggota yang sekarang adaMengubah struktur Menata kembali kelompok kerja mengubah aturanorganisasi dan ketentuanMenunjuk seorang devil s Menunjuk seorang tukang kritik agar secaraadvocate sengaja menentang posisi mayoritas yang.
disepakati oleh kelompok konflik dan negosiasi konflik dan negosiasi Penyelesaian konflik Negosiasi Langkah pertama dalam penyelesaian konflik adl.
menemukan atau mengetahui konflik itu danmengangkatnya ke permukaan Misalnya melalui pengamatan langsung thdp perilakubawahan atau kebiasaan mereka menyediakan kotaksaran menjalankan kebijaksanan dengan pintu terbuka.
terbuka dgn semua masalah mewawancaraikonflik dan negosiasi Berbagai aspek pencegahan dan pengendalian konflik yangperlu di cermati pada tingkat individu dan organisasi 1 Pengendalian diri.
Pertimbangkan dan pilih reaksi anda jangan emosional Kembangkan kemampuan bertenggang rasa dan menerima org laindgn segala kekurangan dan kelebihannya Setiap rangsangan yang kita terima lakukan analisa rasionalterlebih dahulu shga bisa memilih tanggapan yang tepat.
2 Hidup sehat Menciptakan hubungan yang sehat dengan org lain pelihara iklimemosional yang bersih Mencoba untuk tidak mendominasi mengancam menjelekan atauselalu menilai org lain.
Berlatih untuk mendengar secara efektif dan beritahu org lain apayang sebenarnya anda butuhkan atau harapkan Dr padamembiarkan org menduga dugakonflik dan negosiasi 3 Struktur organisasi organisasi yang terpusat dan.
birokratis punya potensi lebih besar melahirkan konflik4 Kepribadian pemimpin seorang pemimpin yangterbuka dan memberikan dukungan kepadabawahannya cenderung akan mengurangi konflik5 Iklim dan Suasana kelompok persaingan yang.
berlebihan dalam klpk atau antar kelompok terutama jikapersaingan itu berakibat adanya pihak yang menang dankalah cenderung untuk melahirkan konflik yang tidak6 Kebijakan dan prosedur yang memadai dan jelas ketidakjelasan kebijakan dan prosedur dapat.
menyebabkan interpretasi yang berbeda dikalangankaryawan atau unit kerja pada gulirannya kondisi iniakan memicu konflikkonflik dan negosiasi 4 strategi penyelesaian konflik apabila sebuah konflik sudah.
a Menghindar avoiding menarik diri secara fisik danmental dari konflik yang terjadib Memperhalus smoothing mengakomodasikankepentingan pihak lainc Memaksa forcing menggunakan taktik kekuasaan.
untuk memenangkan konflikd Mengahadapi konflik confronting menghadapi konfliksecara langsung dan menyelesaikannya dengan caramemuaskan semua pihak konflik dan negosiasi.
Teknik- teknik stimulasi konflik Komunikasi Menggunakan pesan2 yang ambigu atau mengancam untuk menaikan tingkat konflik Memasukan orang luar Ke dalam sebuah klpk, memasukan orang2 dgn latar belakang, nilai, sikap atau gaya manajerial yang berbeda dgn anggota yang sekarang ada Mengubah struktur organisasi Menata kembali kelompok kerja, mengubah ...

Related Presentations

Pengambilan Keputusan dalam Kondisi Konflik

Pengambilan keputusan apabila alternatif keputusan yang harus dipilih berasal dari pertentangan atau persaingan dari dua atau lebih pengambil keputusan Unsur-unsur Permainan 1. Pemain 2. Aturan 3. Hasil keluaran (outcomes) 4. Variabel-variabel 5. Kondisi informasi 6. Pemberian nilai Permainan Dua Pemain dengan jumlah nol Permainan dua pemain ...

2 Views0 Downloads

PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM KONDISI KONFLIK GAME THEORY

PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM KONDISI KONFLIK (GAME THEORY) Definisi Suatu pendekatan matematis untuk merumuskan situasi persaingan/pertentangan (konflik) antara berbagai pihak yang memiliki kepentingan yang berbeda dalam proses pengambilan keputusan.

6 Views0 Downloads

Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA di SD

Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA di SD PGSD 2016 (Syifa) Apa itu Keterampilan Proses ? Pendekatan keterampilan proses diartikan siswa sebagai pendekatan dalam proses pembelajaran yang menitikberatkan pada aktivitas dan kreativitas siswa untuk mengembangkan kemampuan fisik dan mental yang sudah dimiliki ke tingkat yang tinggi dalam memproses perolehan belajarnya.

10 Views0 Downloads

ADVOKASI DAN RESOLUSI KONFLIK

DEEP PREVENTION LIGHT PREVENTION PENCEGAHAN RINGAN ADALAH DENGAN CARA MANAJEMEN KRISIS. TUJUANNYA ADALAH MENGHINDARI KONFLIK BERKEMBANG MENJADI KONFLIK BERSENJATA CONTOH : INTERVENSI DIPLOMATIK, MILITER, NGO MEMBUAT ZONA AMAN MENERJUNKAN POLISI MEDIASI AKOMODASI POLITIK MELALUI PROGRAM DAN KEBIJAKAN DEEP PREVENTION Bertujuan untuk menaksir apa ...

14 Views0 Downloads

KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN

Menutup pelajaran adalah kegiatan guru untuk mengakhiri kegiatan inti pelajaran. Maksudnya adalah memberikan gambaran menyeluruh tentang apa yang telah dipelajari siswa, mengetahui tingkat pencapaian siswa, dan tingkat keberhasilan guru dalam proses belajar-mengajar.

11 Views0 Downloads

ASESMEN KINERJA KETERAMPILAN DAN PRODUK

Tujuan pembelajaran (Slater, 1993) Ciri Asesmen Kinerja Dapat digunakan untuk Pembuatan Asesmen Kinerja Slide 8 Slide 9 Stigins, 1994 hal 262 Apa yang harus dibangun?, Slater, 1999 Target pencapaian dan metode asesmen kinerja, Metode yang dapat digunakan untuk asesmen kinerja (Doran et al, 1994; Kumano, 2001) Langkah-langkah utama yang perlu ...

9 Views0 Downloads

Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran

CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP) Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Makassar Capaian Pembelajaran CP yang diharapkan dicapai mahasiswa Prodi TP (S1) disesuaikan dengan KKNI, meliputi: Sikap Pengetahuan Keterampilan Umum, dan Keterampilan Khusus Sikap, lulusan TP harus memiliki sikap: Bertaqwa kepada Tuhan YME & menunjukkan sikap religius; Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan ...

59 Views0 Downloads

KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI K K P I

KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASIK K P ISMK NEGERI 10 PADANG. Mengoperasikan PC Stand Alone. Pertemuan Pertama

6 Views0 Downloads

KEPEMIMPINAN DINAMIKA KELOMPOK amp MANAJEMEN KONFLIK

dan perasan individu yang menimbulkan suatu titik kemarahan. ... Aplikasi Ilmu Perilaku Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. UII Press. Cole, Kris. (2005). ... Dinamika Kelompok, Bahan Ajar Diklat Prajabatan Golongan I dan II, (Edisi Revisi). Jakarta. Lembaga Administrasi Negara.

25 Views0 Downloads

KONFLIK ORGANISASI herwanparwiyanto

* Konflik antar keorganisasian Konflik bisa juga terjadi antara organisasi yg satu dengan yg lain, karena adanya ketidakcocokan suatu badan terhadap kinerja suatu organisasi * Sebab-sebab Konflik Persaingan terhadap sumber-sumber daya yg langka Ketergantungan tugas (interdependence) Kekaburan batas-batas bidang kerja Kriteria kinerja yg tidak ...

14 Views0 Downloads

RESOLUSI KONFLIK lecture uho ac id

Reflective Listening. Assertion skill. Awareness (body language) Dumping one’s bucket without filling the others’ Meningkatkan dukungan emosi. Meningkatkan toleransi dan menerima orang lain. Mengontrol isu. Mempertimbangkan resiko konflik dan kerugian yang mungkin terjadi

17 Views0 Downloads

INDIKASI KONFLIK Ditinjau dari sudut pandang antropologi

Misalnya, dalam ilmu antropologi ditemukan pola kebudayaan dan kepercayaan berbagai suku atau dalam ilmu sosiologi ditemukan pola perubahan masyarakat perkotaan dan pedesaan. Rekonstruksi Historis Bentuk ini merangkum pernyataan yang akan mengisahkan dengan alasan atau penjelasan yang diperlukan mengenai perkembangan sesuatu pada masa lampau ...

20 Views0 Downloads