KONSEP SISTEM INFORMASI

KONSEP SISTEM INFORMASI-ppt Download

  • Date:10 Sep 2020
  • Views:27
  • Downloads:2
  • Size:550.00 KB

Share Presentation : KONSEP SISTEM INFORMASI

Download and Preview : KONSEP SISTEM INFORMASI

Report CopyRight/DMCA Form For : KONSEP SISTEM INFORMASI


Transcription:

KONSEP SISTEMKONSEP SISTEMINFORMASI LANJUTKonsep Sistem Informasi Lanjut 1 DEFINISI SISTEM.
LUDWIG VON BARTALANFY Sistem merupakan seperangkat unsur yang salingterikat dalam suatu antar relasi diantara unsur unsurtersebut dengan lingkungan ANATOL RAPOROT .
Sistem adalah suatu kumpulan kesatuan danperangkat hubungan satu sama lain L ACKOF Sistem adalah setiap kesatuan secara konseptualatau fisik yang terdiri dari bagian bagian dalam.
keadaan saling tergantung satu sama lainnya Konsep Sistem Informasi Lanjut 2 Syarat syarat system1 Sistem harus dibentuk untuk menyelesaikan2 Elemen sistem harus mempunyai rencana.
yang ditetapkan 3 Adanya hubungan diantara elemen sistem 4 Unsur dasar dari proses arus informasi energidan material lebih penting dari pada elemen5 Tujuan organisasi lebih penting dari pada.
tujuan elemen Konsep Sistem Informasi Lanjut 3 SECARA GARIS BESAR SISTEMDAPAT DIBAGI 2a SISTEM FISIK PHYSICAL SYSTEM .
Kumpulan elemen elemen unsur unsur yang saling berinteraksisatu sama lain secara fisik serta dapat diidentifikasikan secaranyata tujuan tujuannya Sistem transportasi elemen petugas mesin organisasi yangmenjalankan transportasi .
Sistem Komputer elemen peralatan yang berfungsi bersama sama untuk menjalankan pengolahan data b SISTEM ABSTRAK ABSTRACT SYSTEM Sistem yang dibentuk akibat terselenggaranya ketergantunganide dan tidak dapat diidentifikasikan secara nyata tetapi dapat.
diuraikan elemennnya Contoh Sistem Teologi hubungan antara manusia dengan Tuhan Konsep Sistem Informasi Lanjut 4 KLASIFIKASI SISTEMA DETERMINISTIK SISTEM .
Sistem dimana operasi operasi input output yang terjadi didalamnyadapat ditentukan diketahui dengan pasti Program komputer melaksanakan secara tepat sesuai dengan rangkaianinstruksinya Sistem penggajian .
B PROBABILISTIK SISTEM Sistem yang input dan prosesnya dapat didefinisikan tetapi output yangdihasilkan tidak dapat ditentukan dengan pasti Selalu ada sedikitkesalahan penyimpangan terhadap ramalan jalannya sistem Sistem penilaian ujian.
Sistem pemasaran Konsep Sistem Informasi Lanjut 5 KLASIFIKASI SISTEM 2 C OPEN SISTEM Sistem yang mengalami pertukaran energi materi.
atau informasi denganlingkungannya Sistem ini cenderung memiliki sifatadaptasi dapat menyesuaikandiri dengan lingkungannya sehingga dapatmeneruskan eksistensinya .
Sistem keorganisasian memiliki kemampuan adaptasi Bisnis dalam menghadapi persaingan dari pasar yangberubah Perusahaan yang tidak dapat menyesuaikan diriakan tersingkir Konsep Sistem Informasi Lanjut 6.
KLASIFIKASI SISTEM 3 D CLOSED SISTEM Sistem fisik di mana proses yang terjadi tidakmengalami pertukaran materi energi atauinformasi dengan lingkungan di luar sistem.
tersebut Contoh reaksi kimia dalam tabungberisolasi dan tertutup Konsep Sistem Informasi Lanjut 7 KLASIFIKASI SISTEM 4 E RELATIVELY CLOSED SISTEM .
Sistemyang tertutup tetapi tidak tertutup sama sekaliuntuk menerima pengaruhpengaruh lain Sistem inidalam operasinya dapat menerima pengaruh dari luaryang sudah didefinisikan dalam batas batas tertentu Sistem komputer Sistem ini hanya menerima masukan.
yang telah ditentukan sebelumnya mengolahnya danmemberikan keluaran yang juga telah ditentukansebelumnya tidak terpengaruh oleh gejolak di luar sistem Konsep Sistem Informasi Lanjut 8 KLASIFIKASI SISTEM 5 .
F ARTIFICIAL SISTEM Sistem yang meniru kejadian dalam alam Sistem ini dibentukberdasarkan kejadian di alam di mana manusia tidak mampumelakukannya Dengan kata lain tiruan yang ada di alam Contoh .
Sistem AI yaitu program komputer yang mampu membuat computerseolah olah berpikir Sistem robotika Jaringan neutral network G NATURAL SISTEM .
Sistem yang dibentuk dari kejadian dalam alam Contoh laut pantai atmosfer tata surya dll Konsep Sistem Informasi Lanjut 9 KLASIFIKASI SISTEM 6 H MANNED SISTEM .
Sistem penjelasan tingkah laku yang meliputi keikutsertaan manusia Sistem ini dapat digambarkandalam cara cara sebagai berikut 1 Sistem manusia manusia Sistem yang menitik beratkan hubungan antar.
2 Sistem manusia mesin Sistem yang mengikutsertakan mesin untuksuatu tujuan 3 Sistem mesin mesin Konsep Sistem Informasi Lanjut 10.
KLASIFIKASI SISTEM 7 Sistem yang otomatis di mana manusia mempunyaitugas untuk memulai dan mengakhiri sistem sementara itu manusia dilibatkan juga untuk memonitor Mesin berinteraksi dengan mesin untuk.
melakukan beberapa aktifitas Pengotomatisan ini menjadikan bertambah pentingnyakonsep organisasi dimana manusia dibebaskan daritugas tugas rutin atau tugas tugas fisik yang berat Konsep Sistem Informasi Lanjut 11.
KLASIFIKASI SISTEM 8 Perancang sistem lebih banyak menggunakan metode Relatively Closed dan Deterministik Sistem karenasistem ini dalam pengerjaannya lebih mudahmeramalkan hasil yang akan diperoleh dan lebih mudah.
diatur dan diawasi Pada bidang sistem informasi faktor komputer dan programcomputer biasanya Relatively Closed dan Deterministik tetapi faktor manusia sebagai pengelolanya adalah Open danProbabilistik Sistem .
Konsep Sistem Informasi Lanjut 12 METODE SISTEM A BLACKBOX APPROACHB ANALITYC SISTEM Konsep Sistem Informasi Lanjut 13.
BLACKBOX APPROACH Suatu sistem dimana input dan outputnya dapatdidefinisikan tetapi prosesnya tidak diketahuiatau tidak terdefinisi Metode ini hanya dapat dimengerti oleh pihak dalam .
yang menangani sedangkan pihak luar hanyamengetahui masukan dan hasilnya Sistem initerdapat pada subsistem tingkat terendah Contoh bagian pencetakan uang proses pencernaan Konsep Sistem Informasi Lanjut 14.
BLACKBOX APPROACHKonsep Sistem Informasi Lanjut 15 ANALITYC SISTEM Suatu metode yang mencoba untuk melihathubungan seluruh masalah untuk menyelidiki.
kesistematisan tujuan dari sistem yang tidakefektif dan evaluasi pilihan dalam bentuk ketidakefektifan dan biaya Dalam metode ini beberapa langkah diberikanseperti di bawah ini aa menentukan.
a identitas dari sistem sistem apa yang diterapkan batasannya apa yang dilaksanakan sistem tersebut Konsep Sistem Informasi Lanjut 16.
ANALITYC SISTEMb menentukan tujuan dari sistem output yang dihasilkan dari isi sistem fungsi dan tujuan yang diminta untuk mencobamenanggulangi ingkungan .
c bagian bagian apa saja yg terdapat dalam sistem danapa tujuan dari masing masing bagian tersebut tujuan masing masing bagian sistem harus jelas cara apa yang digunakan subsistem untuk berhubungandengan subsistem lain .
d bagaimana bagian bagian yang ada dalam sistemitu saling berhubungan menjadi satu kesatuan Konsep Sistem Informasi Lanjut 17 ANALISIS SISTEM Analisis Sistem dapat didefinisikan sebagai .
Penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh kedalam bagianbagian komponennya dengan maksuduntuk mengidentifikasikan dan mengevaluasipermasalahan permasalahan kesempatan kesempatan hambatan hambatan yang terjadi dan kebutuhan .
kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkanperbaikan perbaikan Tahap analisis merupakan tahap yang kritis dan sangatpenting karena kesalahan di dalam tahap ini akanmenyebabkan juga kesalahan di tahap selanjutnya .
Konsep Sistem Informasi Lanjut 18 A Langkah langkah di Analisis Sistem Langkah langkah di dalam tahap analisissistem hampir sama denganlangkahlangkah yang dilakukan dalam.
mendefinisikan proyek proyek sistem yangakan dikembangkan di tahap perencanaansistem Perbedaannya pada analisis systemruang lingkup tugasnya lebih terinci Konsep Sistem Informasi Lanjut 19.
B Didalam tahap analisis sistem terdapat langkah langkah dasar yang harus dilakukan olehAnalis Sistem Yaitu sbb 1 Identify Yaitu mengidentifikasikan masalah.
Mengindentifikasikan penyebab masalah Mengidentifikasikan titik keputusan Mengidentifikasikan personil personil kunciKonsep Sistem Informasi Lanjut 20 2 Understand .
Yaitu memahami kerja dari sistem yang ada Menentukan jenis penelitian Merencanakan jadual penelitian Mengatur jadual wawancara Mengatur jadual observasi.
Mengatur jadual pengambilan sampel Membuat penugasan penelitian Membuat agenda wawancara Mengumpulkan hasil penelitianKonsep Sistem Informasi Lanjut 21.
3 Analyze Yaitu Menganalis Sistem Menganalisis kelemahan Sistem Menganalisis kebutuhan Informasi pemakai manajemen4 Report Yaitu membuat laporan hasil analisis Pelaporan bahwa analisis telah selesai dilakukan.
Meluruskan kesalah pengertian mengenai apa yang telahditemukan dan dianalisis oleh analis sistem tetapi tidak sesuaimenurut manajemen Meminta pendapat pendapat dan saran saran dari pihak manajemen Meminta persetujuan kepada pihak manajemen untuk.
melakukan tindakan selanjutnyaKonsep Sistem Informasi Lanjut 22 PERANCANGAN SISTEM 2 Setelah tahap analisis sistem selesaidilakukan maka analis sistem telah.
mendapatkan gambaran dengan jelas apayang harus dikerjakan Tiba waktunyasekarang bagi analis sistem untukmemikirkan bagaimana membentuksystem tersebut Tahap ini disebut dengan.
perancangan sistem Konsep Sistem Informasi Lanjut 23 PERANCANGAN SISTEM 3 A Perancangan sistem dapat dibagi dalamdua bagian yaitu .
1 Perancangan sistem sec umum perancangan konseptual perancanganlogikal perancangan sec makro2 Perancangan sistem terinci perancangansistem secara phisik .
Konsep Sistem Informasi Lanjut 24 PERANCANGAN SISTEM 4 B Perancangan sistem dapat diartikan sebagai berikut ini 1 Tahap setelah analisis dari siklus pengembangan sistem2 Pendefinisian dari kebutuhan kebutuhan fungsional.
3 Persiapan untuk rancang bangun implementasi4 Menggambarkan bagaimana suatu sistem dibentuk5 Yang dapat berupa penggambaran perencanaan danpembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yangterpisah ke dalam satu kesalahan yang utuh dan berfungsi.
6 Termasuk menyangkut mengkonfigurasikan dari komponen komponen perangkat lunak dan perangkat keras dari suatuKonsep Sistem Informasi Lanjut 25 PERANCANGAN SISTEM 4 C Tahap perancangan sistem mempunyai 2.
tujuan utama yaitu 1 Untuk memenuhi kebutuhan kepadapemakai sistem2 Untuk memberikan gambaran yang jelasdan rancang bangun yang lengkap kepada.
pemrogram komputer dan ahli ahli tekniklainnya yang terlibat Konsep Sistem Informasi Lanjut 26 PERANCANGAN SISTEM 5 D Perancangan sistem secara umum.
Tujuan dari desain sistem secara umum adalah untuk memberikangambaran secara umum kepada user tentang sistem yang baru Desain system secara umum merupakan persiapan dari desainsecara terinci Desain secara umum mengidentifikasikankomponen komponen sistim informasi yang akan didesain secara.
rinci Desain terinci dimaksudkan untuk pemrogram computer danahli teknik lainnya yang akan mengimplementasi sistem Tahap desainsistem secara umum dilakukan setelah tahap analisis sistem selesaidilakukan dan hasil analisis disetujui oleh manajemen Pada tahap desain secara umum komponen komponen sistem.
informasi dirancang dengan tujuan untuk dikomunikasi kepada userbukan untuk pemrogram Komponen sistem informasi yang didesainadalah model output input database teknologi dan kontrol Konsep Sistem Informasi Lanjut 27 Komponen Sistem Informasi.
Output Teknologi Basis Data PengendalianKonsep Sistem Informasi Lanjut 28.
TIPE UTAMA SISTEM TRANSACTION PROCESSING SYSTEMS TPS KNOWLEDGE WORK SYSTEMS KWS OFFICE AUTOMATION SYSTEMS OAS MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS MIS .
DECISION SUPPORT SYSTEMS DSS EXECUTIVE SUPPORT SYSTEMS ESS Konsep Sistem Informasi Lanjut 29 Konsep Sistem Informasi Lanjut 30.
Konsep Sistem Informasi Lanjut * Komponen Sistem Informasi Input Model Output Teknologi Basis Data Pengendalian Konsep Sistem Informasi Lanjut * TIPE UTAMA SISTEM TRANSACTION PROCESSING SYSTEMS (TPS) KNOWLEDGE WORK SYSTEMS (KWS) OFFICE AUTOMATION SYSTEMS (OAS) MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS (MIS) DECISION SUPPORT SYSTEMS (DSS) EXECUTIVE SUPPORT ...

Related Presentations