Mengevaluasi dan mengendalikan usaha

Mengevaluasi Dan Mengendalikan Usaha-ppt Download

  • Date:27 Jan 2021
  • Views:97
  • Downloads:0
  • Size:100.28 KB

Share Presentation : Mengevaluasi Dan Mengendalikan Usaha

Download and Preview : Mengevaluasi Dan Mengendalikan Usaha

Report CopyRight/DMCA Form For : Mengevaluasi Dan Mengendalikan Usaha


Transcription:

Mengevaluasi danmengendalikan usahaAHMAD DZULFIKRI SE MM Satu hal yang membuat perbedaanbesar dalam hidup Anda adalah.
menemukan pelajaran baru dari apayang selama ini Anda pikir sudahAnda ketahui semua Kesadaranbahwa tidak ada sesuatu yang final didunia ini bahwa ternyata Anda harus.
terus belajar karena tidak mungkinAnda bisa tahu semua ini lah yangakan membuka kesuksesan lebihbesar lagi dalam hidup Anda Ralph EVALUASI KINERJA.
Proses pengendalian adalah suatu proses untukmenjamin teralisasinya tujuan perencanaan Secara singkat dapat dikatakan bahwapengendalian dapat didefinisikan sebagai suatutindakan yang diperlukan untuk meyakinkan.
bahwa tujuan tujuan rencana rencana danstandar stamdar sedang dicapai Proses perencanaan akan memberikan arah ataudapat dijadikan sebagai pedoman bagi kegiatan kegiatan usaha sedangkan pengendalian akan.
menjamin terjadinya keselarasan antara tujuan tujuan dan rencana usaha Dengan demikian pengendalian dimaksudkanuntuk mengecek efektivitas penyelesaianrencana rencana yang telah disusun dan.
ditetapkan bahwa perencanaan dan pengendalian akansangat membantu dan bermanfaat bagiwirausaha agar dapat beroperasi secara efisiendan efektif dimana kondisi ini akan.
mempengaruhi tingkat keuntungan yangdiperolehnya Ada 3 tahapan dalam pengendalian yaitu1 Mengukur kinerja aktual2 Membandingkan kinerja aktual dengan standar.
3 Melakukan tindakan manajerial Mengukur Kinerja Salah satu tantangan dalammelakukan pengendalian adalahmengukur kinerja aktual .
Pengukuran kinerja tersebutmembutuhkan kejelian danketegasan dalam memastikanbahwa aktifitas yang dilakukantelah disusun rencana dan diukur.
kinerjanya Pengukuran kinerja tersebutmembutuhkan kejelian dan ketegasandalam memastikan bahwa aktifitas yangdilakukan telah disusun rencana dan.
diukur kinerjanya Pengendalian harus dikaitkan denganusaha pencapaian kinerja yangdiharapkan maka sebelumnya harusditentukan tujuan aktifitas pekerjaan .
kemudian penentuan standar ataudimensi dimensi kinerja serta ukurannya diikuti dengan penentuan metodepenilaian pelaksanaan dan evaluasi Proses pengukuran kinerja antara lain adalah sebagai berikut .
1 Penentuan sasaran Penentuan sasaran yang harusspesifik terukur menantang dan didasarkan pada waktutertentu Di samping itu perlu pula diperhatikan prosespenentuan sasaran tersebut 2 Penentuan standar kinerja Pentingnya penilaian kinerja.
harus merupakan penilaianyang objektif yaitu mengukurkinerja sesungguhnya melalui standar memiliki ukuranyang dapat dipercaya dan mudah digunakan 3 Penentuan metode dan pelaksanaan penilaian Metodeyang dimaksud adalah pendekatan atau cara serta.
perlengkapan yang digunakan seperti formulir danpelaksanaannya yang digunakan berdasarkan berbagaipendekatan seperti metodeperbandingan tes dan lain lain 4 Evaluasi penilaian Evaluasi penilaian merupakan.
pemberian umpan balik terhadap kinerja yang harus diubahdan dipertahankan serta berbagai tindakan yang harusdiambil dalam upaya perbaikan kinerja pada masa yangakan datang Catatan penting adalah pengukuran merupakan.
langkah pertama dari perbaikan improvement Perbaikan sebaiknya dilakukan setiap waktu atausegera setelah diketahui terjadi permasalahan tak harus menunggu berakhirnya suatu aktivitas Perbaikan sebaiknya dilakukan setiap waktu atau.
segera setelah diketahui terjadi permasalahan tak harus menunggu berakhirnya suatu aktivitas Pengukuran kinerja akan memberikan informasisituasi dan posisi relatif terhadap target ataumengetahui apakah perencanaan dan.
aktifitasnya telah secara optimal dijalankan Para wirausaha memegang informasi prestasiuntuk mengetahui posisi kinerjanya relatifterhadap oranglain kelompok lain maupun terhadap sasaran.
Bila prestasi pada suatu di bawah target makaakan dijadikan dasar untuk mengejarketertinggalan dan mencarikan tindakanmanajerial atas upaya menambah input danatau memerbaiki proses kerja sehingga.
kinerjanya dapat kembali sesuai perencanaan Monitoring kinerja di lapangan relatif mudahdilakukan seperti halnya monitoring kinerjaproses operasional di fasilitas produksi yangsudah terotomatisasi Pertanyaannya .
apakah juga mudah dan kalau mudah apakahsudah dilaksanakan melakukan monitoringevaluasi dan perbaikan kinerja terhadap staf dikantor Di mana variabel ukur tak sepenuhnyadengan mudah diakses muncul sendiri dari.
proses atau diukur karena sifatnya yangkualitatif atau hal hal lain yang menyebabkanrendahnya objektivitas dalam pengukuran Membandingkan KinerjaAktual dengan Standar.
Pengendalian atau pengawasan adalah prosesuntuk memastikan bahwa segala aktifitas yangterlaksana sesuai dengan apa yang telahdirencanakan Proses pengendalian dan pengawasan adalah suatu.
upaya yang sistematik untuk menetapkan kinerjastandar pada perencanaan untuk merancangsistem umpan balik informasi untukmembandingkan kinerja aktual dengan standaryang telah ditentukan untuk menetapkan apakah.
telah terjadi suatu penyimpangan tersebut sertauntuk mengambil tindakan perbaikan yangdiperlukan untuk menjamin bahwa semua sumberdaya telah digunakan seefektif dan seefisienmungkin guna mencapai tujuan perusahaan .
Pengukuran kinerja aktual adalah untukmengetahui dimensi dari hasil yangsejalan dengan tujuan usaha kinerjatarget harus spesifik dengan umpan balikdalam waktu tambahan yang singkat agar.
pengendalian dianggap ketat dalamsistem pengendalian hasil Hasil yang diinginkan harus secara efektifdikomunikasikan dan disosialisasikan danjika hasil pengendalian digunakan hanya.
semata mata dalam daerah kinerja yangdiberikan pengukurannya haruslah Berikut adalah aktivitas yang dapatdiajarkan kepada mahasiswa calonwirausaha agar mahasiswa.
memahami bentuk pengukuran danketerlibatan komunikasi di Melakukan tindakanmanajerial Semakin ketat suatu sistem.
pengendalian maka akan meningkatkantingkat kepastian dari usaha sesuaiyang diinginkan dengan tujuan usaha Konsep dari pengendalian dapatdiaplikasikan ke pengendalian hasil .
Pengendalian hasil yang ketat mungkinmelibatkan pemantauan mereviewkinerja dari anggaran secara detail dansesering mungkin bulanan dan kinerjaberdasarkan intensif .
Pengendalian akan menuntut aktifitas tindakanmanajerial Dalam upaya tersebut untuk setiap caraagar pengendalian tindakan ini dapat mencapaipengendalian ketat yaitu memutuskan berbagaiaktifitas managerial yang konsisten dalam semua.
tindakan yang kritis bagi kesuksesan usaha Aktifitas manajerial yang dilakukan dalampengendalian adalah pada tahapan masukan prosesdan keluaran dengan aktifitas sebagai berikut 1 PEMBATASAN PERILAKU .
Pembatasan perilaku dapat memproduksipengendalian ketat dalam usaha Pembatasan fisikdapat dalam bentuk mulai dari hal yang mudahseperti mengunci meja sampai system keamanansoftware dan elektronik Pembatasan administrasi.
berupa pembatasan terhadap pengambilankeputusan oleh tingkat organisasi yang lebih tinggi 2 PENINJAUAN ULANG TINDAKAN Peninjauan ulang terhadap tindakan kadang kadangmenyebabkan wurausaha dianggap ketat jika.
peninjauan ulang dilakukan secara sering detail dandilaksanakan oleh orang yang rajin danberpengetahuan Peninjauan ulang ini secara khususketat di daerah yang menyangkut alokasi sumberdaya yang besar karena banyak investasi yang tidak.
mudah dibatalkan dan dapat mempengaruhikesuksesan atau kegagalan suatu usaha 3 PERTANGGUNGJAWABAN TINDAKAN Pengendalian pertanggungjawaban yang ketatdipengaruhi sama seperti dengan pengendalian hasil.
yang ketat Sejumlah pengendalian menciptakanpengendalian pertanggungjawaban tindakantergantung kepada karakteristik terhadap definisitindakan yang dinginkan kefektifan sistem pelacakantindakan dan penyediaan bantuan .
Mari kita jadikan sikap kitayang lebih khawatir menjadi lebih berpikir dan berencana Winston Churchill ASPEK ORGANISASI DAN.
MANAJEMEN BISNIS Perubahan lingkungan dunia usaha senantiasaberkembang dan menuntut seorangwirausahawan untuk mampu menyesuaikandirinya dan perusahaannya sesuai dengan.
perkembangan yang terjadi Tingkat persaingan usaha semakin ketat yangditandai dengan diberlakukannya pasar bebas disatu sisi di sisi lain terjadi pula perkembangandalam kehidupan masyarakat yang memiliki.
konsekuensi peningkatan berbagai jeniskebutuhan yang harus terpenuhi pada dasarnyamerupakan peluang bagi seorang wirausahawanuntuk memperbaiki kinerja perusahaannya Salah satu strategi dalam menjalankan aktifitas yang.
berorientasi pada pasar memenangkan persaingandengan pesaing dan memberikan pelayanan yangterbaik kepada konsumen adalah mempersiapkanserta membenahi organisasi dan manajemenperusahaan .
Segala aktifitas dalam kaitannya denganberwirausaha yang meliputi menciptakan gagasan mengenal pasar mempersiapkan masukan memproduksi mempekerjakan orang memasarkan melayani konsumen menyelenggarakan sistem.
informasi keuangan dan berbagai aktifitas lainnyadilaksanakan dalam sebuah wadah yang disebutorganisasi yakni perusahaan penentuan jenis organisasi perusahaan sangatmenentukan pula bagi kesuksesan seorang.
wirausahawan dalam menjalankan aktifitasnya Setiap organisasi pastilah memiliki tujuan tidakterkecuali organisasi perusahaan Untuk mencapai tujuan tersebut makaorganisasi perusahaan harus diatur dan dikelola.
dengan baik Pengaturan dan pengelolaan organisasi untukmencapai tujuan inilah yang disebut manajemen Perencanaan yang baik pun belum menjamintercapainya tujuan yang ditetapkan apatah lagi.
bila aktifitas dilakukan tanpa melalui prosesperencanaan Perencanaan yang dibuat haruslah menjadipedoman bagi aktifitas perusahaan dan tidakhanya sebagai formalitas belakang yang terkesan.
hanya dibuat di atas kertas Karena apa yangtelah direncanakan haruslah diwujudkan disinilah pentingnya seorang wirausahawan untukmelaksanakan pembagian kerja mengkoordinasikan berbagai bagian yang ada.
pada perusahaan mengarahkan para tenagakerja serta senantiasa melaksanakan monitoringdan evaluasi terhadap pelaksanaan rencana Hasil monitoring dan evaluasi setiap aktifitasdalam perusahaan merupakan salah satu dasar.
bagi seorang wirausahawan untuk selanjutnyamenyusun perencanaan aktifitas berikutnya Jikahal ini telah dilaksanakan berarti wirausahawantelah menerapkan pelaksanaan fungsi fungsimanajemen dalam perusahaannya .
Apa yang telah dikemukakan merupakan hal halyang menjadi dasar bagi seorang calonwirausahawan agar sebelum menjalankanaktifitas perusahaannya perlu terlebih dahulumerancang kebutuhan organisasi dan.
manajemen perusahaan yang akan dirintis dandijalankannya Definisi Organisasi dan Organisasi adalah sekelompok orang dua atau lebih yang secara formal.
dipersatukan dalam suatu bentukkerjasama untuk mencapai tujuan yangtelah ditetapkan Dari defenisi tersebut dapat disebutkanbahwa organisasi mengandung berbagai.
unsur yang terdiri dari dua orang ataulebih ada kerjasama diantara orang orang yang tergabung di dalamnya danmemiliki tujuan bersama Sedangkan manajemen merupakan suatu kegiatan.
yang dilakukan untuk mewujudkan kerjasama di antarasemua sumberdaya yang terlibat dalam organisasiuntuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan Jikamembaca berbagai literatur manajemen defenisimanajemen oleh para ahli cukup beragam Namun jika.
ditelusuri lebih jauh maka akan ditemukan bahwaistilah manajemen mengandung tiga pengertian yaitu 1 Manajemen sebagai suatu proses2 Manajemen sebagai kolektivitas orang orang yangmelakukan aktivitas manajemen.
3 Manajemen sebagai suatu seni art dan sebagaisuatu ilmu pengetahuan science defenisi mengenai manajemen yang dikemukakan olehahli hampir semua menekankan pada pengendaliandan pendayagunaan berbagai sumberdaya organisasi.
untuk mencapai tujuan tertentu organisasi dan manajemen adalah organisasi sebagaialat atau wadah sekelompok orang dalam mencapaitujuan tertentu sedangkan manajemen lebihmengarah kepada pengaturan atau pengelolaan.
untuk mencapai tujuan tersebut Pada dasarnya penerapan manajemen dalamorganisasi adalah terkait dengan fungsi fungsimanajemen Berbagai pendapat ahli juga berbeda beda mengenai jenis fungsi fungsi manajemen .
diantaranya dikemukakan sebagai berikut 1 George R Terry planning organizing staffing motivating dan controlling 2 Henry Fayol planning organizing commanding coordinating dan controlling .
3 Luther Gullich planning organizing staffing directing coordinating reporting dan budgeting 4 Ernest Dale planning organizing staffing directing Satu hal yang membuat perbedaan besar dalam hidup Anda adalah menemukan pelajaran baru dari apa yang selama ini Anda pikir sudah Anda ketahui semua.Kesadaran bahwa tidak ada sesuatu yang final di dunia ini, bahwa ternyata Anda harus terus belajar karena tidak mungkin Anda bisa tahu semua, ini-lah yang akan membuka kesuksesan lebih besar lagi dalam hidup Anda.

Related Presentations

Mengukur dan mengendalikan aktiva yang dikelola

MENGUKUR DAN MENGENDALIKAN AKTIVA YANG DIKELOLA. Di susunoleh : DesyYulianaDalimunthe. EkoSugiarto. EssyFebryanti. FatriIkhlash. IneuSulistiana. Inggrid. Jalia. Lia ...

14 Views0 Downloads

Kiat Mengevaluasi Diri Naskah Ilmiah dan Siasat Memilih

Kiat Mengevaluasi Diri Naskah Ilmiah dan Siasat Memilih Berkala Penerbitnya Mien A. Rifai Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia n.a. “Herbarium Bogoriense” Puslit Nasional Biologi LIPI, Jalan Juanda 22, Bogor

17 Views0 Downloads

PERENCANAAN USAHA DAN ALTERNATIF PEMBIAYAAN UNTUK USAHA

Perhitungan : Net Present Value (NPV), Net Benefit Cost (NBC), Pay Back Period, Internal Rate of Return (IRR). REFERENSI ; 1. EVALUASI PROYEK (ABDUL CHOLIK, DKK) 2. ECONOMIC ANALYSIS OF AGRICULTURE (J. PRICE GITTINGER) * *

34 Views0 Downloads

Mengevaluasi Argumentasi UPJ

komposisi (kalimat1+kalimat2+kalimat3+dst) fungsi bahasa tidak selalu sejalan dengan kaidah logika. sebuah penuturan bisa jadi sangat baik, tetapi tidak memenuhi kaidah logika. karena itu, sangat penting untuk memahami kesesatan logika. tujuannya agar kita bisa memeriksa argumentasi.

17 Views0 Downloads

Menerapkan Prinsip Kesehatan Kerja Untuk Mengendalikan

Menerapkan Prinsip Kesehatan Kerja Untuk Mengendalikan Risiko K3 Sumber bahaya (hazard) adalah sumber, situasi, atau tindakan yang berpotensi mencederai badan atau mengganggu kesehatan manusia. Menurut Undang-undang No.1 Tahun 1970

18 Views0 Downloads

Usaha usaha daya tarik wisata WordPress com

Wisata alam pengunungan, pantai, hutan, flora dan fauna sangat bergam di Indonesia. Tempat wisata alam terindah di Indonesia ini bukan hanya menjadi tujuan wisatawan lokal, namun sanga juga diminati wisatawan mancanegara. Hampir setiap pulau di Indonesia dianugrahi Tuhan dengan tempat-tempat alam yang indah

21 Views0 Downloads

KEWIRAUSAHAAN DAN USAHA KECIL DAN MENENGAH UKM

KEWIRAUSAHAAN DAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) Drs. Agus Wahono, MM Pengertian Dan Falsafah Wirausaha Ciri seorang enterpreneur antara lain adalah : Selalu optimis Secara terus-menerus melihat peluang yang tidak dapat dilihat oleh orang lain Tidak Pernah merasa puas, dan selalu dapat mengeksploitasi perubahan yang ada Selalu mempunyai komitmen untuk menang Mempunyai inuisi yang tajam Action ...

35 Views0 Downloads

ANALISIS BISNIS DAN STUDI KELAYAKAN USAHA

Proses dan Tahap Studi Kelayakan Usaha. Studi kelayakan usaha dapat dilakukan melalui langkah-langkah sbb : Tahap Penemuan ide atau Perumusan Gagasan Tahap Memformulasikan Tujuan usaha Tahap analisis, yang meliputi a. Aspek pasar b. Aspek Teknik produksi/Operasi c. Aspek manajemen/pengelolaan d. Aspek finansial 4. Tahap Keputusan.

30 Views0 Downloads

Usaha dan Energi WordPress com

Satuan SI untuk Daya adalah joule/detik = watt (W) Tabel Satuan dari Daya BENTUK LAIN DARI DAYA Daya dapat pula didefinisikan sebagai perubahan dari energi dibagi dengan waktu. Karena kerja, energi dan waktu merupakan besaran skalar, maka daya juga merupakan besaran skalar.

19 Views0 Downloads

PERMODALAN DAN PEMBIAYAAN USAHA KEWIRAUSAHAAN

Permodalan. Pengertian modal “ modal adalahkeseluruhanbarang-barang yang masihadadalamprosesproduksi” Menurut Prof. Polak “modal ...

34 Views0 Downloads

KOMPUTASI BISNIS DAN DUNIA USAHA

komputasi bisnis dan dunia usaha

27 Views0 Downloads

Pengaruh Merger dan Akusisi Perbankan pada Pinjaman Usaha

Keberhasilan dan Kegagalan Ekonomi Indonesia ... daftar yang memuat saldo dari akun-akun yang terdapat dalam buku besar. ... Pelanggan 6. Masyarakat Bidang Akuntansi Akuntansi Keuangan Auditing Akuntansi Biaya Akuntansi Manajemen Akuntansi Anggaran Akuntansi Perpajakan Sistem Akuntansi Akuntansi Pemerintahan Akuntansi Pendidikan Bidang Profesi ...

24 Views0 Downloads