PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK-ppt Download

  • Date:03 Sep 2020
  • Views:13
  • Downloads:1
  • Size:2.53 MB

Share Presentation : PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK

Download and Preview : PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK

Report CopyRight/DMCA Form For : PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK


Transcription:

PERTUMBUHAN DANPERKEMBANGAN JANIN BAYIDr Kartin Akune SpABAGIAN ILMU KESEHATAN ANAK FKIK UNTADRSUD UNDATA.
PERTUMBUHAN DANPERKEMBANGAN JASMANI Sebelum bayi lahir terdapat pertumbuhan danperkembangan yang cepat sekali yaitu dari seorangmakhluk yang terdiri hanya dari 1 sel sampai terjadi.
seorang bayi Triwulan I masa embrio sangat penting karenamerupakan masa pembentukan organ dan beberapaorgan telah mulai bekerja Pertumbuhan pada masa janin merupakan pertumbuhan.
yang paling pesat yang dialami seseorang dalamhidupnya Janin tumbuh dengan faktor 44 x 100 000 000 dari 0 0000175 gram menjadi 3700 gram dan panjangbadan dengan faktor 3850 dari 0 01 menjadi 50 cm Pada janin umur 8 minggu beratnya hanya 1 gram.
dengan panjang 7 5 cm Jenis kelamin bisa dikenali padaakhir trimester I Pada kehamilan 16 minggu berat janin100 gr dan panjangnya 17 cm pada umur kehamilan 20 minggu berat janin 500 gr 28minggu 1000 gr dan panjangnya 35 cm 8 bulan 1500 gr.
dan 9 bulan pada waktu dilahrikan rata rata berat bayi3200 gr panjang badan 50 cm dan lingkar kepala 34 cm Penambahan panjang badan Trimester I 2 8 4 4 cm bulan Timester II 1 9 2 6 cm bulan.
Trimester III 1 3 1 6 cm bulan Trimester IV 1 2 1 3 cm bulan Penambahan berat badan Trimester I 700 1000 gram bln Timester II 500 6000 gram bln.
Trimester III 350 450 gram bln Timester IV 250 350 gram bln Umur otak20 mgg 100 gLahir 400 g.
18 bln 800 g3 th 1100 gDewasa 1400 g Bila dalam pertumbuhan embrio dipengaruhi olehobat penyakit virus atau radiasi maka akan terjadi.
perubahan pada orang yang sedang tumbuh selanjutnya akan menyebabkan kelainan bawaan Dalam triwulan berikutnya janin lebih tahanbeberapa organ telah selesai pertumbuhannya Pada masa ini terutama terjadi perkembangan fungsi.
dan panjang janin juga bertambah PERIODE PERTUMBUHAN PERKEMBANGAN JANINPERIODE EMBRIONIK Pada periode ini terjadi pembentukan organ organ Gangguan.
pertumbuhan pada periode ini dapat menyebabkan kelainankongenital atau abortus Beberapa penyakit misalnya rubela yang diderita ibu padaperiode ini hampir selalu menyebabkan kelainan kongenital pada Pemakaian obat tertentu talidomide dapat menyebabkan.
kelainan bawaan pada bayi sehingga terjadi fokomelia ameliadan lain lain PERIODE JANIN DINIPada periode ini implantasi hasil konsepsi padadinding uterus telah sempurna Organogenesis telah.
selesai dan mulai terjadi akselerasi pertumbuhan Organ organ tubuh mulai berfungsi walaupun masihimatur Bahaya abortus berkurang PERIODE JANIN AKHIR Terdapat pertumbuhan yang cepat dari tubuh sehingga didapat.
pertambahan berat badan maksimal Dalam periode ini terjadi penyelesaian persiapan untuk hidup diluar uterus Bahaya utama ialah infeksi partus prematuritas dismaturitas asfiksia dan kematian janin intra uterin.
MASA JANIN PERIODE PARTURIEN Janin telah siap hidup di luar uterus Janin telah cukup mendapat perlindunganuntuk dapat melewati jalan lahir dengan aman .
Bahaya utama ialah hipoksia infeksi dantrauma kelahiran Setelah bayi lahir berat badan akan menurunkarena kurangnya minum kehilangan cairan tubuhmelalui kencing pernafasan kulit dan mekonium .
Penurunan fisiologis ini mencapai 10 dari beratbadan waktu lahir Sesudah 10 14 hari berat badan waktu lahir dapatdicapai kembali Ciri khas anak yakni selalu berubah baik secara.
jasmaniah maupun fungsionil 2 PERUBAHAN PROPORSI PERIODE NEONATAL Dalam periode ini terjadi adaptasi kehidupan intrauterin kekehidupan ekstrauterin Misalnya oksigen yang semula.
diperoleh janin dari darah ibu sekarang diperolehnya melaluipertukaran gas dalam paru Demikian pula zat makanan yang tadinya diperoleh melaluiplasenta sekarang harus diperolehnya melalui absorpsi daritraktus digestivus .
Selama triwulan terakhir berat badan bertambahdengan cepat sekali dan terutama terdapatpenambahan jaringan lemak dibawah kulit Bayi lahirdengan berat badan rata rata 3000 gram dan panjang48 cm di Indonesia .
pada umur 2 tahun umbilikus merupakan pusatbadan sedangkan pada orang dewasa pusat badanadalah simfisis Berat fetus 90 terdiri dari dari air sedangkan bayibaru lahir 70 80 dan pada orang dewasa 50 .
Bayi dini 1 12 bulan pertumbuhan pesat danpematangan susunan saraf mielinisasi Bayi akhir 1 2 tahun kecepatan pertumbuhan Prasekolah 2 6 6ahun pertumbuhan lambat Sekolah pertumbuhan lebih cepat dari pd.
prasekolah Remaja Growth spurt Perempuan lebih awal 2 tahun Masing masing organ.
pertumbuhan yangberbeda 4 polapertumbuhan pertumbuhan umum Pertumbuhan organ.
Pertumbuhan otakdan kepala Pertumbuhan organreproduksi CIRI PERTUMBUHAN.
1 Perubahan Ukuran Berat Badan Lahir 2 500 4 000 g 5 bulan 2x BB lahir 1 tahun 3x BBL.
2 tahun 4x BBL prasekolah 2kg tahun prapubertas 3 3 5 kg th Lingkar Kepala LK lahir 34 cm.
6 bl 44 cm 1th 47 cm 2 th 49 cm 6 th dewasa 54 cm Pertambahan PB.
0 3 bln 3 5 cm bln3 6 bln 2 0 cm bln6 9 bln 1 5 cm bln9 12bln 1 2 cm bln1 3 thn 1 0 cm thn.
4 6 thn 3 0 cm thnPerkiraan TBa Lahir 50 cmb Umur 1 tahun 75 cmc 2 12 tahun umur tahun x 6 77.
KURVA LUBCHENCO Lubchenco 1963 merupakan orang pertama yangmencoba mencari korelasi antara berat badan dan masa Kurva ini kemudian terkenal dengan nama Intra UterineGrowth Curve IUGC Sesudah Lubchenco menyusul lagi.
IUGC yang dibuat oleh para sarjana lain Lubchenco mengatakan bahwa pertumbuhan janin itunormal kalau berat badannya terletak antara persentil ke 10dan persentil ke 90 INTERPRETASI KURVA LUBCHENCO.
Bila terletak di bawah persentil ke 10 disebut kecil untukmasa kehamilan KMK sedangkan bila terletak di ataspersentil ke 90 disebut besar untuk masa kehamilan BMK Bila berat badan lahir bayi terletak di antarapersentil ke 10 dan persentil ke 90 disebut sesuai untuk.
masa kehamilan SMK atau bayi normal Usher 1970 membuat kurva yang memakai standardeviasi SD Menurut Usher bayi kecil untuk masakehamilan ialah bayi yang berat badan lahirnya di bawah 2SD sedangkan bayi yang besar untuk masa kehamilan.
bila berat badan lahirnya di atas 2SD FAKTOR YANG MEMPENGARUHIPERTUMBUHAN JANINFAKTOR JANIN Kelainan Janin.
Sesudah minggu ke 20 mulai terdapat perbedaan antarapertumbuhan janin laki laki dan janin perempuan Menurut Kloosterman 1969 perbedaan itu dapatmencapai 135 gram pada kehamilan 40 minggu Jadibayi laki laki seringkali lebih berat daripada bayi.
perempuan faktor jenis kehamilan Faktor etnik rasHal ini mungkin disebabkan oleh faktor genetik danlingkungan Kelainan kongenital yang berat Bayi yang.
menderita kelainan kongenital yang beratseringkali mengalami retardasi pertumbuhansehingga berat badan lahirnya rendah FAKTOR MATERNALKonstitusi ibu .
Kapasitas trofik ibu sangat mempengaruhi pertumbuhan janin Halini sangat bergantung kepada aliran darah ke uterus misalnyapertumbuhan janin pada multipara lebih baik daripada nulipara Pada kemamilan ganda sesudah 32 minggu mulai terdapatperlambatan pertumbuhan Pada kehamilan 40 minggu berat.
badan janin dengan kehamilan tunggal lebih tinggi 700 gramdibandingkan dengan berat badan janin pada kehamilan ganda Kloosterman 1969 Usia ibu juga mempengaruhi kapasitas trofiknya sehinggapada umur yang agak tua bayi yang dilahirkan berat badannya.
lebih rendah Hal ini mungkin disebabkan oleh perubahanpada pembuluh darah ibu yang juga mempunyai peranan Selain hal di atas penyakit ibu yang dapat mempengaruhialiran darah ke uterus dapat mempengaruhi pertumbuhanjanin Bayi yang lahir dari ibu yang menderita DM pada.
umumnya lebih berat bila dibandingkan dengan berat badanseharusnya untuk masa gestasinya Hal ini disebabkan olehkelainan metabolisme dengan pertumbuhan lemak yang lebihbanyak dibandingkan dengan pertumbuhan jaringan lain Keadaan lingkungan ibu.
Dibagi kedalam beberapa faktor yaitu keadaamsosial ekonomi keadaan gizi kebiasaan merokok ternyata berat badan bayi yang dilahirkan dari ibuperokok lebih rendah dibandingkan dengan bayiyang dilahirkan oleh ibu yang tidak perokok faktor.
ketinggian tempat tinggal keadaan ini menyebabkankadar oksigen udara lebih rendah dan dapatmeyebabkan lahirnya bayi dengan berat badan FAKTOR PLASENTA Keadaan yang dapat mempengaruhi.
pertumbuhan janin ditinjau dari faktorplasenta ialah besar dan berat plasenta tempat melekat plasenta pada uterus tempatinsersi tali pusat kelainan plasenta misalnyatumor infark kelainan umbilikus .
Gruenwald mengatakan bahwa akibat gangguanpertumbuhan tersebut dapat terjadi gawat janin Gawat janin tanpa disertai retardasi pertumbuhandan wasting Gawat janin subakut ialah bila terdapat tanda.
wasting tanpa retardasi pertumbuhan sedangkan gawat janin kronik ialah keadaan denganretardasi pertumbuhan yang menonjol PERTUMBUHAN DANPERKEMBANGAN ANAK.
LINGKUNGANLingkungan merupakan faktor yang akanmempengaruhi pertumbuhan anak Lingkunganmeliputi aspek fisis biologis dan sosial yang padalazimnya disebut lingkungan fisikobiopsikososial .
Lingkungan fisikobiopsikososial tersebut dapat1 Orang tua hidup rukun dan harmonis persiapan jasmani mental sosial yang matangpada saat membina keluarga .
melek huruf mempunyai pekerjaan tetap mempunyai tingkat ekonomi kesejahteraan yang mempunyai cukup waktu untuk memperhatikan membimbing mendidik anak .
tinggal dirumah yang sehat tinggal dilingkungan yang sehat 2 Pelayanan KIA dan KB yang cukup untukperlindungan kesehatan ibu dan anak denganjaringan fasilitas yang memadai dalam tenaga .
peralatan anggaran serta mencakup seluruh3 Didaerah perkotaan maupun di daerah pedesaandiciptakan keadaan yang cukup baik dalam segi kesehatan pengetahuan keluarga mengenaikesehatan penyebaran fasilitas kesehatan .
geografis sumber alam dan komunikasi demografis komposisi penduduk menurut umur kebijaksanaan keluarga berencana penyebaranpenduduk urbanisasi transmigrasi sosial ekonomi kesempatan kerja lapangan kerja .
tingkat pendapatan perumahan lingkungan hidup psikokulturil pendidikan disekolah dirumah danluar sekolah kebiasaan kepercayaan tradisi sikapterhadap masalah kesehatan Kebijaksanaan politik pemerintah perencanaan.
perkembangan pembangunan ekonomi kesejahteraan anak 4 Pendidikan dirumah sekolah dan luar sekolah sertaluar rumah untuk pembinaan perkembangan emosi sosial moral etika tanggung jawab pengetahuan .
keterampilan dan kepribadian Tahap pertumbuhan anak Pertumbuhan yang cepat sekali dalam tahun pertama yang kemudian berkurang secara berangsur angsursampai umur 3 4 tahun .
Pertumbuhan yang berjalan lamban dan teratur sampaiakil balik Pertumbuhan cepat pada masa akil balik 12 16 tahun Pertumbuhan kecepatan berkurang berangsur angsursampai suatu waktu kira kira umur 18 tahun berhenti .
Panjang badan umur 1 tahun 1 x panjang lahir 4 tahun 2 x panjang lahir 6 tahun 1 x panjang umur 1 tahun 13 tahun 3 x panjang lahir.
dewasa 2 x panjang umur 2 tahunFormula berat badan yang digunakan untuk menentukan berat badanBerat badan 8 2n KgKeterangan n jumlah umur dalam tahunBerat badan umur .
1 tahun 3 x berat badan lahir2 tahun 4 x berat badan lahir6 tahun 2 x berat badan umur tahun Panjang Badan Contoh Panjang badan lahir 50 cm.
1 tahun 1 5 x TB lahir 75 cm 4 tahun 2 x TB lahir 100 cm 6 tahun 1 5 x TB setahun 13 tahun 3 x TB lahir Formula yang dipakai untuk menentukan panjang.
anak dari umur 3 tahun ialah Panjang badan 80 5n cmKeterangan N jumlah umur dalam tahun Selain penyakit makanan keadaan sosial ekonomi .
terdapat pula beberapa faktor lain yang dapatmempengaruhi pertumbuhan yaitu 1 Faktor genetis tidak semua orang mempunyai panjang tinggibadan yang sama 2 Beberapa hormon yang mempengaruhi pertumbuhan .
hormon pertumbuhan hipofisis mempengaruhipertumbuhan jumlah sel tulang hormon tiroid yang mempengaruhi pertumbuhan dankematangan tulang 3 Hormon kelamin pria di testis dan kelenjar.
suprarenalis dan pada wanita dikelenjarsuprarenalis merangsang pertumbuhan selamajangka waktu yang tidak lama Hormon ini bekerjaterutama pada pertumbuhan cepat selama masa akil Pada wanita terdapat pembesaran uterus ovarium .
vagina pada umur 8 10 tahun Organ organ iniPertumbuhanpadamasajaninmerupakanpertumbuhan yang paling pesat yang dialamiseseorangdalamhidupnya. Janintumbuhdenganfaktor 44 x 100.000.000, dari 0,0000175 gram ...

Related Presentations