TEORI SOSIOLOGI AGAMA - pasca iaid B-12

TEORI SOSIOLOGI AGAMA Pasca Iaid B 12-ppt Download

  • Date:25 Jun 2020
  • Views:29
  • Downloads:0
  • Size:396.00 KB

Share Presentation : TEORI SOSIOLOGI AGAMA Pasca Iaid B 12

Download and Preview : TEORI SOSIOLOGI AGAMA Pasca Iaid B 12

Report CopyRight/DMCA Form For : TEORI SOSIOLOGI AGAMA Pasca Iaid B 12


Transcription:

SOSIOLOGI AGAMADr Fadlil Munawwar Manshur M S Bahan Ajar untuk MatakuliahTeori Sosiologi Agamapada Program Studi Pendidian Islam.
PROGRAM PASCASARJANA S2INSTITUT AGAMA ISLAM DARUSSALAM IAID CIAMIS JAWA BARAT A PENGERTIAN SOSIOLOGI AGAMA1 Teori Sosiologi kumpulan paradigma mengenai.
masyarakat dan fenomena masyarakat denganmerujuk pada realitas masyarakat dan paradigma paradigma yang digunakan untuk menerangkan struktursosial masyarakat dan proses proses sosialnya Kinloch 2005 276 .
2 Sosiologi agama adalah proses interaktif antar kelompok sosial yang mempengaruhi keyakinan danpemahaman keagamaan individu Dalam hal ini orang orang berinteraksi dengan berbagai kelompoksosial yang berbeda dengan orang per orang .
organisasi dan preferensi pilihan agama 3 Individu mempunyai pengaruh terhadappengalaman dan pemahaman keagamaanuntuk meningkatkan iman dan religiositas keberagamaan masyarakat Sebaliknya .
individu juga memiliki hak untuk menolakpreferensi agama 4 Preferensi agama pilihan orang atas suatuagama dipandang penting terutama dalaminteraksi antara masyarakat yang satu dengan.
masyarakat yang lain serta interaksi antaraindividu dengan organisasi B OBJEK FORMALSOSIOLOGI AGAMA1 Fungsi agama dalam mengembangkan atau.
menghambat kelangsungan hidup dan fungsiagama dalam memelihara kelompok kelompokdalam masyarakat Bagaimana peranan agama dalam memahami danmenyikapi masyarakat yang berbeda beda tipe .
2 Menganalisis fungsi fungsi sosial dari tingkah lakukeagamaan Banyak akibat sosial yang timbulkarena tingkah laku keagamaan para pemelukagama Sekurang kurangnya ada dua fungsi sosial Fungsi latent tersembunyi yaitu fungsi yang tidak.
disengaja yang dilaksanakan oleh tingkah lakuinstitusional Fungsi manifest nyata yaitu fungsi yang disengaja yangmemiliki tujuan tujuan formal dari lembaga tersebut lihatMerton dalam Nottingham 1993 33 .
3 Unsur unsur pokok apakah yang diperlukanuntuk mempertahankan kelangsungan hidupmasyarakat dan sumbangan apakah yangdiberikan oleh agama kepada masyarakat4 Bagaimana peranan agama dalam.
masyarakat sebagai kekuatan yangmempersatukan mengikat dan melestarikan Nottingham 1993 C OBJEK MATERIALSOSIOLOGI AGAMA.
1 Individu individu dalam masyarakat2 Kelompok kelompok masyarakata Masyarakat terbelakang b Masyarakat pra industrial yang sedang berkembang c Masyarakat industri sekuler .
3 Lembaga lembaga keagamaan a Ormas keagamaan NU Muhammadiyah Persis dll b Lembaga pendidikan keagamaan pesantren madrasah dll c Lembaga kajian keagamaan LKiS pusat pusat studi.
agama di perguruan tinggi Islam Liberal dll D AGAMA DAN DINAMIKA SOSIAL1 John McCarthy dan Mayer Zald 1977 mengatakan bahwa gerakan sosial yangmudah diintegrasikan dalam mempelajari.
agama adalah dengan mengetahui strukturgerakan perubahan 2 Sherkat Darren mengatakan bahwa dalamstudi kontemporer sosiologi agama dipelajaristruktur gerakan perubahan yang dapat.
memobilisasi organisasi organisasi gerakan 3 Gerakan agama memiliki karakter khas sepertitentang supranatural salah satu ajaran agama yangbermanfaat setidaknya untuk mereka yang percayaterhadap agama .
4 Manusia menemukan penjelasan tentang artikehidupan dan bahkan lebih banyak hal kecilsangat berharga bagi kehidupan antarmanusia Dalam hal ini manusia bersedia untuk salingmembantu dengan manusia lain misalnya.
membantu dengan waktu uang atau sumber daya5 Makna hidup bagi manusia sangat berharga jikaantara manusia satu dengan manusia yang lainterbangun sikap saling percaya 6 Sosialisasi agama adalah proses individu individu.
untuk memeluk agama yang dipilihnya Untukmemahami perkembangan agama pada tingkatindividu individu kita harus mengetahui bagaimanamasyarakat memilih agama dan bagaimana merekaberubah Terutama pandangan mereka tentang.
agama tidak sama dengan pilihan afiliasikeagamaan 7 Orang memilih agama adalah untuk mengetahuitujuan arti dan asal usul kehidupan Pilihan ini akanmembantu memotivasi manusia untuk menaati.
agamanya untuk berpartisipasi dalam ranah publik dan berafiliasi dengan organisasi keagamaan 8 Perkembangan dan dinamika pilihan agamaseseorang dipengaruhi oleh faktor sosial Dalammembuat pilihan agama agama tidak satu satunya.
faktor yang diperhitungkan 9 Pilihan agama berbicara tentang tanggapan terhadappengalaman individu atau pengaruh sosial Misalnya mengetahui perjalanan hidup seseorang dalammenyebarluaskan keyakinan agama dan hal hal yang.
berkaitan dengan kehidupan keagamaan 10 Orang tua teman pasangan dan para sahabatdinilai sumber informasi tentang kehidupan kolektif Jaringan ikatan sosial penting dibangun untukmenghasilkan perubahan dalam persahabatan.
11 Masyarakat yang religius umumnya diperkuat melaluipengalaman religius yang sifatnya rutin Pilihanagama sering mendorong seseorang untukberadaptasi dalam menjalankan keberagamaannya 12 Orang orang merasa senang dan dekat dengan.
ajaran agama Mereka menemukan nilai penghargaan dan perlindungan dari agama Orangyang beragama mengalami perkembangan fluktuatifdalam merespons pengaruh sosial 13 Dari perspektif sumber daya manusia pengalaman.
religius membangun manusia menjadi religius Modalmanusia beragama adalah memproduksi nilai agamadalam sistem sosial Oleh karena itu manusiamemiliki modal dan kemampuan untuk mengubahdan menghasilkan nilai nilai agama .
14 Teori modal kepemimpinan manusia mampumembangun keyakinan agama dan perilaku sosial Teori ini secara eksklusif mengembangkan dinamikakeagamaan 15 Orang beragama yang beradaptasi mampu.
mempromosikan perubahan bukanmemproduksi sentimen Adapun orangberagama yang tidak bisa beradaptasicenderung memisahkan dirinya darimasyarakat umum Oleh karena itu orang.
kadang kadang condong ke ekspresikeagamaan yang bervariasi 16 Orang mungkin akan dipaksa atau dibujukuntuk mencoba hal baru dalam beragama Ajaran agama jelas terlihat dalam proses.
pendidikan di sekolah keagamaan misalnya para siswa lebih cenderung memilih ajaranortodoks dengan setia walaupun secarabersamaan mereka dipaksa untuk menganutideologi sekuler .
E PENGARUH SOSIAL PADAPERILAKU BERAGAMA1 Perilaku beragama tidak hanyamemotivasi orang untuk mengonsumsibudaya tetapi perilaku beragama juga.
memiliki konsekuensi sosial Olehkarena itu pengamalan ajaran agamamungkin didominasi oleh pengaruh 2 Amartya Sen 1973 1993 mengidentifikasitiga jenis pengaruh sosial pada perilaku.
beragama seseorang a simpati antipati b memberikan contoh dan c sanksi 3 Orang sering berpartisipasi dalam kelompok kelompok agama yang menimbulkan simpatiterhadap perasaan orang lain meskipun.
orang lain itu tidak mendapat keuntungandari kegiatan kolektifnya 4 Orang kadang kadang berpartisipasi dalamkelompok kelompok agama bukan karenakeinginan kolektif tetapi sebaliknya untuk.
memusuhi orang lain sehingga menimbulkan 5 Mengamalkan ajaran agama dapatmencegah orang dari hukuman sepertiisolasi sosial kesulitan ekonomi dan tindakkekerasan Pentingnya penghargaan sosial.
dan sanksi menunjukkan bahwa perilakuberagama tidak menentukan tindakan6 Hubungan sosial yang baik akan mempe ngaruhi perkembangan dan dinamikakehidupan beragama .
F PENGARUH SOSIAL1 Orang tua dan keluarga dalam perspektif budayadan sejarah adalah sumber utama informasi tentangkekuatan supranatural ghaib 2 Orang tua dan kerabat mengajarkan pemahaman.
anak tentang hal hal supranatural dan ini merupakansumber informasi yang memiliki keunggulan temporaldan afektif yang keduanya penting untukmempengaruhi perilaku beragama Akan tetapi banyak studi sosiologi agama menyimpulkan bahwa.
orang tua memiliki komitmen agama yang terbataspada anak anak 3 Studi sosiologis ini telah tumbuh sebuahgenerasi yang menghargai perbedaandalam nilai dan komitmen Akan tetapi .
di sisi lain telah terjadi kesenjangangenerasi yang berubah secara radikaldalam pemahaman keagamaan G ORANG TUA DAN ANAK1 Penelitian tentang peran orang tua terhadap.
anak anak telah menunjukkan bahwapengaruh orang tua mendominasi keyakinanagama dan perjalanan hidup anak anaknya 2 Studi sistematis tentang pengaruh orang tuapada perilaku beragama dalam diri anak .
anak dimulai pada 1937 oleh Newcomb danSvehla Hasil penelitian mereka membuktikanbahwa ibu memiliki andil 34 persen dalammenjelaskan agama terhadap anak laki lakinya sedangkan pemahaman agama Ibu.
terhadap anak perempuannya mencapai 48 3 Banyak penelitian telah menyimpulkan bahwa orang tuamemiliki pengaruh besar pada keyakinan agama dan perilakuanak anak Secara umum penelitian ini mengasumsikanbahwa pengaruh orang tua cukup kuat dalam siklus hidup.
awal anak anaknya 4 Orang tua yang baik adalah yang mampu mem berikan pengaruh terus menerus terhadap anak anaknya selama hidup Peran orang tua adalahmembantu membentuk hubungan sosial anak .
anaknya Tindakan ini dinamakan sosialisasi seumur5 Peristiwa yang terjadi dalam kehidupan membuatorang tua lebih berpengaruh dalam mencari hikmahtentang bagaimana membesarkan anak anakmereka dan bagaimana menghadapi kehidupan.
yang keras 6 Dalam tindakan sosialisasi itu orang tuacenderung berfokus pada afiliasikeagamaan dan partisipasi anak anakdalam kehidupan sosialnya .
7 Myers 1996 mengatakan bahwa keyakinanagama dan partisipasi sosial merupakanindikator untuk membangun religiositassuatu masyarakat Keyakinan inimenghasilkan kesimpulan umum yang.
menyebutkan bahwa ada hubungan antarapemahaman agama dengan partisipasikehidupan beragama 8 Dalam studi Sandomirsky ditunjukkan bahwasolidaritas antara orang tua dan anak anaknya dapat.
memperkuat proses sosialisasi 9 Ketika orang tua memiliki afiliasi agama yangberbeda anak anak tidak mengikuti afiliasikeagamaan orang tuanya dan mereka lebihcenderung untuk beralih afiliasi keagamaannya yang.
berbeda dengan orang tuanya 10 Menurut Nelsen 1981 perselisihan orang tuadalam keluarga dapat meruntuhkan kebanggaananak anak dalam beragama 11 Ketika orang tua mengamalkan nilai nilai agama.
yang berbeda maka terjadilah persaingan antaraorang tua dengan anak anak dalam pengamalanajaran agama 12 Menurut Collins 1993 kedekatan anak terhadap orangtua akan membangun rasa simpati di antara kedua belah.
pihak Ikatan emosional juga dapat melahirkan interaksidan pemahaman yang mendalam antara orang tua dananak anak asi dialog 13 Glass 1986 merumuskan teori tentang bagaimana faktordependensi ketergantungan antara orang tua dan anak.
yang menyebabkan anak anak dapat dipengaruhi olehnilai nilai orang tua terutama dalam perjalanan kehidupanmereka Sebaliknya orang tua juga tergantung pada anak anaknya terutama tentang informasi informasi pentingdalam kehidupan sosial mereka .
14 Besarnya pengaruh timbal balik antara orang tua dan anak anak melebihi tingkat pengaruh faktor faktor lain sepertitingkat pendidikan dinamika keluarga prokreasi misalnya perkawinan perceraian dan pengasuhan dan pengaruhkelompok keagamaan bagaimana pengaruh timbal balik orang tua anak.
yang berefek pada firqahperceraian 15 Orang tua memiliki pengaruh yang lebih pada keyakinananak anak di awal perjalanan hidup sebelum dewasa sementara anak anak kemudian mempengaruhi orang tuamereka sebagai orang dewasa Namun ketika anak anak.
mencapai usia tiga puluhan orang tua sekali lagi menjadilebih berpengaruh 16 Kemudian dalam perjalanan hidup orang tua menarikanak anak dewasa kembali ke arah keyakinan keagamaanyang lebih konservatif Pola yang sama mungkin dapat.
dilihat pada Revolusi Iran yaitu kehidupan keagamaananak anak muda dipimpin oleh orang tua mereka dankerabat lain dalam memilih keyakinan Islam tertentu aliran17 Revolusi Iran dalam perjalanan sejarahnya telahmenemukan kenyataan sosial bahwa masyarakat.
cenderung lebih memilih moderatisme dalam kehidupankeagamaan dan sosial mereka sehingga hal iniberpengaruh terhadap pendidikan keagamaan anak anak H PENGARUH PASANGAN1 Menurut Lazerwitz 1998 ikatan perkawinan.
merupakan sumber penting terhadappengaruh perilaku beragama Pasanganyang religius memiliki pengaruh lebih besarterhadap perubahan wawasan keagamaan 2 Perkawinan juga terkait dengan dasar.
preferensi agama yaitu seseorang yangmenganut aliran keagamaan tertentu tidakakan menikah dengan orang yang tidakdicintainya Hal ini memberi pengaruhterhadap pasangan dalam pilihan nilai nilai.
3 Menurut McCutcheon 1988 ketika orangmemiliki preferensi agama yang kuat diatidak mungkin memilih pasangan yangberbeda agama tetapi bagi mereka yangmemiliki preferensi agama yang lemah lebih.
mungkin untuk menikahi pasangannya yangArial Arial Black Wingdings Arial Narrow Times New Roman Glass Layers 1_Glass Layers TEORI SOSIOLOGI AGAMA A. PENGERTIAN SOSIOLOGI AGAMA Slide 3 B. OBJEK FORMAL SOSIOLOGI AGAMA Slide 5 C. OBJEK MATERIAL SOSIOLOGI AGAMA D. AGAMA DAN DINAMIKA SOSIAL Slide 8 Slide 9 Slide 10 Slide 11 Slide 12 E. PENGARUH SOSIAL PADA PERILAKU BERAGAMA Slide 14 ...

Related Presentations

TEORI TEORI SOSIOLOGI

Teori makrososiologi (1) fungsionalisme. Durkheim:ikatan solidaritas mekanik ,pada masyaraakat yang masih sederhana,bagaikan kohesi antara benda mati,solidaristas organik laKSANA KOHESI ANTARA BENDA HIDUP,penganut analaogik organikm mengatakan bahwa adanya persamaan tertentu antara organisme biologis dengan masyarakt.ini merupakan cara pandang para penganut teori fungsionalosme.

30 Views0 Downloads

AGAMA DAN PENGERTIAN AGAMA DALAM BERBAGAI BENTUKNYA

I. PENGERTIAN AGAMA Kata agama merupakan terjemahan dari kata din (الدين) dalam bahasa Arab yang berarti menguasai, menundukkan dan religi dalam bahasa latin yang dalam satu pendapat dari kata relegere berarti mengumpulkan, membaca Kata agama sendiri merupakan berasal dari bahasa sanskrit yang dalam satu pendapat sebagaimana Harun Nasution ...

32 Views0 Downloads

DIALOG DENGAN AGAMA BUDHA Agama Budha berasal dari Gautama

Catur arya satya : (4 kebenaran Kemuliaan ) 1. DUKHA Satya2.Samudya Satya3. Nirodha Satya4. Marga satya

10 Views0 Downloads

TEORI SOSIOLOGI adisuhendra weebly com

Teori sistem terbuka berkaitan dg integrasi teori2 sosiologi INDIV / KLP BERTINDAK TUJ - PENILAIAN DAMPAK DAMPAK PD SISTEM PHENOMENOLOGI Akar Intelektual: Edmund Husserl (1859 – 1938): Phenomenology: aliran filsafat yg berpendapat bhw pengetahuan diperoleh melalui alat indera (yg lain: spekulasi) Sosiologi fenomenologi menerangkan dunia tepat ...

21 Views0 Downloads

BATASAN TEORI SOSIOLOGI PERDESAAN

TIPOLOGI DESA DI INDONESIA. Ada berbagai jenis berdasarkan aktivitas hidup di dalamnya. 1. Desa penghasil usaha pertanian, perdagangan, industri/ kerajinan. 2. Desa Nelayan. 3. Desa Perintis (transmigrasi) 4. Desa pelabuhan (hubungan antar pulau, pertahanan) 5. Desa perdikan (bebas dari pungutan pajak, karena jasa terhadap kerajaan) 6. Desa ...

8 Views0 Downloads

Teori Teori Pertumbuhan dgn Pemb Ekonomi

Teori ini sebenarnya dikembangkan oleh kedua ekonom secara sendi ri-sendiri tetapi karena inti teori tsb sama maka skr ini dikenal sbg Te ori Harrod-Domar Teori Harrod-Domar merupakan perluasan dari analisis Keynes me ngenai kegiatan ekonomi secara nasional dan masalah tenaga kerja Analisis Keynes dianggap krg lengkap krn tdk membicarakan ...

25 Views0 Downloads

Teori teori Promosi Kesehatan WordPress com

Pendapat, pikiran, perilaku, nasihat, dan dukungan dari orang-orang sekitarnya memberikankan pengaruh pada perasaan dan perilaku individu , dan individu memiliki efek timbal balik pada orang lainnya. * Lingkungan sosial meliputi anggota keluarga, rekan kerja, teman, profesional kesehatan, dan lain-lain.

22 Views0 Downloads

Teori teori Belajar Sosial Sosial Learning

Teori-teori Belajar Sosial & Tiruan (Sosial Learning)(Miller dan Dollard) Teori belajar sosial dan tiruan dari Miller dan J. Dollard. Mereka berpendapat bahwa tingkah laku manusia merupakan hasil belajar. Oleh karena itu untuk memehami tigkah laku sosial dan proses belajar sosial, kita harus mengetahui prinsip – prinsip psikologi belajar.

31 Views0 Downloads

Teori teori dalam Komunikasi Antarpribadi

TEORI PENETRASI SOSIAL (Irwin Altman dan Dalmas Taylor) Membahas proses komunikasi interpersonal. Dalam proses berhubungan dengan orang lain, terjadi berbagai proses gradual, di mana terjadi semacam proses adaptasi. Pada hakikatnya manusia memiliki beberapa layer atau lapisan kepribadian. Kedalaman & keluasan hubungan adalah penting.

20 Views0 Downloads

TEORI TEORI ORGANISASI amp KOMUNIKASI ORGANISASI

B. TEORI TRANSISIONAL TEORI PERILAKU 1.1. Teori Komunikasi-Kewenangan : Chester Barnard - Organisasi formal : suatu sistem kegiatan dua orang atau lebih yang dilakukan secara sadar dan terkoordinasikan. - Menitikberatkan konsep sistem dan konsep orang.

33 Views0 Downloads

TEORI TINGKAH LAKU KONSUMEN TEORI NILAI GUNA UTILITY

Teori nilai guna dapat pula menerangkan tentang wujudnya kelebihan kepuasan yang dinikmati oleh para konsumen. Kelebihan kepuasan ini, dalam analisis ekonomi, dikenal sebagai surplus konsumen. Surplus konsumen pada hakikatnya berarti perbedaan diantara kepuasan yang diperoleh seseorang didalam mengkonsumsikan sejumlah barang dengan pembayaran ...

21 Views0 Downloads

PERUMUSAN TEORI AKUNTANSI TEORI DAN PRAKTIK AKUNTANSI

perumusan teori akuntansiteori dan praktik akuntansi. aicpa (1995) : mendefinisikan akuntansi adalah seni (art) mencatat, mengklasifikasikan dan meringkas transaksi atau peristiwa yang dilakukan sedemikian rupa dalam bentuk uang, atau paling tidak memiliki sifat keuangan dan meng-interpretasikan hasilnya.. teori akuntansi dapat dikatakan sebagai suatu konsep modern jika dibandingkan dengan ...

40 Views0 Downloads